Nikmati Kuliner Thailand di Thai Cuisine Week; Olahan Chef Asli Negeri Gajah Putih

Nikmati Kuliner Thailand di Thai Cuisine Week; Olahan Chef Asli Negeri Gajah Putih

Nikmati Kuliner Thailand di Thai Cuisine Week; Olahan Chef Asli Negeri Gajah Putih

Wyndham Surabaya sajikan beragam menu Thailand selama sepekan

Surabaya, Kabarindo- Masakan Thailand cukup familiar bagi masyarakat Indonesia, meskipun tak banyak resto yang menyajikannya.

Namun masyarakat di Surabaya dan sekitarnya bisa mencicipi kuliner khas Thailand di hotel Wyndham Surabaya selama 25-30 September 2019 dalam Thai Cuisine Week. Selama sepekan ini, pecinta kuliner bisa menikmati beragam menu Thailand yang menggoda selera.

Untuk menyajikan menu-menu yang bercita rasa asli Negeri Gajah Putih tersebut, Wyndham mendatangkan dua chef langsung dari Wyndham Grand Phuket Kalim Bay, Thailand, yaitu Chef Jaturon Homkaew yang akrab disapa Eddy dan Chef Orathai Sukthongnam yang biasa dipanggil Toi.

“Kami sangat senang menyambut mereka sebagai koki tamu dari sister property kami di Phuket Thailand. Dengan pengalaman mereka, kami percaya dapat menyajikan beragam menu bercita rasa Thailand yang lezat dan otentik kepada para tamu,” ujar Edouard Reizian, General Manager Wyndham Surabaya.

Sebelum di Wyndham Surabaya, Chef Eddy dan Chef Toi menunjukkan kepiawaian mereka dalam mengolah masakan Thailand di Wyndham Casablanca pada 9-14 September dan di Wyndham OPI Palembang pada 17-22 September lalu.

Chef Eddy dan Chef Toi telah berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam masakan Thailand. Chef Eddie dikenal sebagai koki yang selalu menjaga standar tinggi untuk kebersihan di hotel dan menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi yang segar. Ia piawai dalam mengolah hidangan utama. Sedangkan Chef Toi piawai dalam mengolah hidangan pembuka, sup dan penutup. Ia juga memiliki keterampilan mengukir buah & sayur. Tradisi ini dipraktikkan di istana kerajaan sejak Era Sukhothai.

Chef Eddy maupun Chef Toi siap menyajikan beragam menu favorit Thailand yang terkenal mulai dari hidangan pembuka (appetizers), sup, menu utama (main course) hingga hidangan penutup (dessert). Tamu bisa menikmati beragam menu ini secara buffet saat makan siang dan set menu untuk makan malam. Ada 4-course set menu untuk dinner. Beragam menu ini dirotasi setiap hari agar tamu tak bosan.

Chef Toi menjelaskan, makanan Thailand dikenal memiliki campuran rasa gurih, asam, asin, manis dan pedas yang cocok dengan lidah orang Indonesia karena mirip dengan sebagian makanan Indonesia, terutama dalam penggunaan bahan dan bumbunya, termasuk santan. Menu-menu pembuka dan sup umumnya bercita rasa segar, asam dan pedas. Misalnya sup Tom Yam yang terkenal dan cukup disukai orang Indonesia.

Chef Eddy dan Chef Toi akan menyajikan menu-menu Thailand yang terkenal seperti salad Som Tum Thai yang terbuat dari pepaya muda dan kacang tanah yang gurih dan agak pedas. Ada pula sup Tom Khagai yang segar dan agak pedas pula. Berbeda dengan Tom Yam yang kuahnya bening kemerahan, Tom Khagai berkuah putih pekat. Untuk menu utama, ada Khaeng Khiao Wan Neua yang mirip kwetiau di Indonesia, namun rasanya agak manis. Begitu pula sayur Pad Thai yang mirip lodeh, terbuat dari terong namun agak manis. Sedangkan untuk hidangan penutup, Kuai Cheum mirip kolak namun tak berkuah, terbuat dari pisang dan rasanya manis.

Penulis: Natalia Trijaji