Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Nikmati Perjalanan Balik yang Menyenangkan; Berwisata Kuliner & Kunjungi Berbagai Objek

Nikmati Perjalanan Balik yang Menyenangkan; Berwisata Kuliner & Kunjungi Berbagai Objek

Gaya hidup | Sabtu, 8 Juni 2019 | 16:51 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Nikmati Perjalanan Balik yang Menyenangkan; Berwisata Kuliner & Kunjungi Berbagai Objek

Nikmati Perjalanan Balik yang Menyenangkan; Berwisata Kuliner & Kunjungi Berbagai Objek

Siasati bujet menipis, cek kendaraan dan kesehatan

Surabaya, Kabarindo- Lebaran telah usai. Bersilaturahmi dengan sanak saudara dan teman-teman lama di kampung halaman menjadi cerita tersendiri dan momen berkesan yang didapat setiap mudik lebaran.

Kini saatnya bersiap untuk kembali bekerja di kota masing-masing. Saat mudik, masyarakat fokus untuk cepat sampai ke daerah tujuan. Sebaliknya, saat balik, mereka cenderung memiliki waktu lebih luang untuk menikmati sisa libur bersama keluarga. Namun lalu-lintas bisa sama padatnya dengan ketika perjalanan mudik, sehingga perjalanan balik juga membutuhkan persiapan yang matang.

Ada masalah yang mungkin menyertai perjalanan balik. Dana yang anda miliki mulai menipis. THR sudah habis digunakan dan dibagikan di kampung halaman. Bagi para pemudik yang akan melakukan perjalanan arus balik melalui Trans-Jawa, Perusahaan jaringan hotel OYO Hotels & Homes memberikan tips menikmati perjalanan pulang bersama keluarga dengan bujet terbatas, namun tetap menyenangkan.

Wisata kuliner

Ketika melakukan perjalanan mudik, anda sedang berpuasa sehingga tidak bisa banyak berhenti dan leluasa untuk menikmati kuliner. Kini, ketika perjalanan balik, saatnya anda sekeluarga mencicipi kuliner khas di sepanjang jalur balik. Jangan lupa unduh panduan Peta Kuliner Trans-Jawa yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Anda bisa mendapatkan referensi makanan yang layak dicoba dan pas di kantong.

Kunjungi objek wisata terdekat

Jangan khawatir dengan bujet yang terbatas. Anda bisa mengunjungi banyak objek di wilayah jalur Trans-Jawa mulai dari wisata alam, religi hingga museum yang seru dan ramah di kantong. Di Jawa Timur, ada Wisata Petik Kurma di Kabupaten Pasuruan. Hanya dengan Rp.5.000, anda bisa melihat langsung ratusan pohon kurma yang bisa berbuah di Indonesia. Selanjutnya destinasi sejarah di Surabaya yang dapat dikunjungi adalah Tugu Pahlawan dan Monumen 10 November, yang merekam kisah perjuangan arek-arek Suroboyo melawan pasukan sekutu dan Belanda. Beranjak ke Nganjuk, anda bisa berkunjung ke Air Terjun Sedudo di Kertosono yang menawarkan keindahan panorama alam dan sejuknya guyuran air di wilayah pegunungan.

Beralih ke Jawa Tengah, anda bisa mengunjungi Museum Kereta Api di Ambarawa jika ingin mengetahui sejarah perkeretaapian di Jawa. Anda juga bisa menikmati rasanya naik lokomotif uap. Berikutnya, ada Pemandian Telomoyo di kaki Gunung Telomoyo yang memberikan pengalaman unik berenang di atas awan dengan pemandangan Gunung Lawu dan Merbabu. Di Karanganyar, terdapat bangunan bersejarah bekas pabrik gula bersejarah yang dibangun pada 1861 bernama De Tjolomadoe yang bisa anda kunjungi untuk memperluas wawasan.

Menuju Jawa Barat, Anda bisa mengunjungi beberapa pantai indah di Batang seperti Pantai Sigandu, Pantai Jodo, Pantai Ujung Negoro dan lainnya. Bergeser ke Tegal, ada objek wisata alam seperti pemandian air panas di Desa Guci. Anda juga bisa mengunjungi Wisata Mangrove di Brebes hanya dengan tiket sebesar Rp.15.000. Memasuki kota udang, Cirebon, wisata belanja Batik Trusmi bisa menjadi pilihan, atau mengunjungi Taman Sari Gua Sunyaragi dengan tiket masuk hanya Rp.10.000.

Staycation di kota anda singgah

Terlalu lelah menyetir dalam perjalanan dapat meningkatkan potensi kecelakaan di jalan. Setelah mencicipi kuliner khas dan mengunjungi objek wisata, saatnya melepas lelah dengan bermalam di kota yang anda singgahi. Berkat teknologi, anda bisa memanfaatkan smartphone untuk memesan akomodasi terdekat dengan kualitas yang baik dan harga yang ramah di kantong.

Bayu Seto, Region Head Java OYO Indonesia, mengatakan OYO sebagai jaringan hotel melihat arus balik sebagai kesempatan untuk memberikan kenyamanan kepada para pemudik untuk menemukan berbagai pilihan akomodasi berkualitas terstandarisasi dengan harga terjangkau.

Terdapat 195 properti mitra OYO yang tersebar di kota-kota sepanjang jalur mudik Trans-Jawa seperti Cirebon, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya hingga kota-kota di sepanjang pesisir timur seperti OYO 599 Bandung Permai di Jember, OYO 289 Dalwa Syariah di Pasuruan dan OYO 587 Sinar Harapan di Probolinggo.

Jika khawatir akan jaringan internet yang kurang bagus, pengguna Android dapat menggunakan aplikasi OYO Lite untuk mencari akomodasi yang layak. Hanya dengan tiga sentuhan jari, anda akan menemukan berbagai akomodasi yang terjangkau dan unik di sepanjang jalur Trans-Jawa.

Jika bosan dalam kendaraan, cobalah permainan sederhana ini

Ada beberapa permainan sederhana yang bisa anda lakukan bersama keluarga. Permainan “ABC 5 dasar” dimana anda mencari benda-benda yang berawalan sesuai alphabet adalah salah satu contoh yang populer. Permainan lain adalah tebak plat nomor, dimana anda harus menebak singkatan dari plat nomor kendaraan yang lewat. Misalnya, RAP adalah singkatan dari “rindu aku padamu”, dan DAL bisa menjadi “duh aku laper”.

Cek kendaraan dan jaga kesehatan

Faktor keselamatan merupakan hal utama. Setelah melakukan perjalanan mudik yang panjang, kendaraan anda perlu penyegaran untuk mempersiapkan perjalanan kembali ke kota anda tinggal. Jangan lupa mengecek oli mesin, tekanan angin, kualitas ketebalan ban serta semua lampu kendaraan.

Anda juga perlu menjaga kesehatan, karena harus kembali mengemudi untuk perjalanan jauh, apalagi jika tak ada pengemudi pengganti. Setelah mengemudi dalam perjalanan mudik dan jalan-jalan selama di kampung halaman, kini anda harus mengemudi untuk perjalanan balik. Sementara itu, momen Lebaran menjadi salah satu ajang bagi kita untuk menyantap berbagai hidangan saat silaturahmi. Hal ini bisa berdampak terhadap kesehatan kita, seperti kondisi tekanan darah, kolesterol dan lambung. Ada baiknya sebelum melakukan perjalanan balik, pemeriksa kondisi kesehatan anda.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER