Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > PathFinders Hong Kong: Sahabat Pekerja Migran Indonesia

PathFinders Hong Kong: Sahabat Pekerja Migran Indonesia

Gaya hidup | Selasa, 8 Mei 2018 | 13:20 WIB
Editor : ARUL Muchsen

BAGIKAN :
PathFinders Hong Kong: Sahabat Pekerja Migran Indonesia

Kowloon, Tai Kok Tsui, Hong Kong, Kabarindo- Tak dinyana decak kagum dan bangga.

Yah, redaksi sudah menyambangi Pathfinders Hong Kong di tahun 2015 lalu dan kemarin (07/5) setelah janjian dengan Riri, Case Manager PathFinders, bisa raih banyak update dari NGO kemanusiaan dan independen yang selama ini menjadi sahabat para Domestic Worker atau Pekerja Migran yang di dominasi oleh negara Indonesia, Filipina dan negara lainnya.

PathFinders akan memasuki usia 10 tahun, hingga akhir 2017 telah membantu lebih dari 5400 bayi dan anak yang lahir di Hong Kong serta ibu mereka yang merupakan pekerja migran di Hong Kong, yang jika tidak mendapatkan bantuan tidak akan mampu keluar dari situasi rentan mereka dan berisiko mengalami kekerasan, bahkan perdagangan orang. PathFinders memiliki Special Consultative Status pada United Nations Economic and Social Council dan di Hong Kong juga terdaftar pada WiseGiving.

Riri menjelaskan berbagai layanan yang disediakan PathFinders seperti social welfare, rumah aman dan supplies, layanan kesehatan, layanan hukum, lokakarya dan penyuluhan,  dan juga community outreach, "Pekerja migran di Hong Kong memiliki hak maternitas dan dilindungi oleh Undang-Undang Ketenagakerjaan Hong Kong. Kami juga memastikan terpenuhinya nutrisi bayi, mendukung ASI untuk tumbuh kembang bayi, mendampingi proses kehamilan hingga melahirkan, dan juga memberikan pendampingan bagaimana cara merawat bayi. Kami juga memastikan seluruh bayi dan anak para pekerja migran ini terdokumentasi dengan baik di Hong Kong dan juga di negara asalnya, misalnya dengan mengurus Kutipan Akte Lahir di KJRI," jelasnya bersama dengan Victoria Street selaku Chief Operating Officer dan Amanda Pang dari bagian media PathFinders.

Yah, redaksi melihat sendiri aktivitas penyuluhan atau workshop dengan para volunteer bersama pekerja migran dari berbagai bangsa termasuk Indonesia dan Filipina dengan anaknya yang masih bayi berusia beberapa hari, 1 tahun dan tidak sedikit yang masih hamil. Tema penyuluhan saat itu adalah mengenai Home Country Integration guna mempersiapkan pekerja migran yang akan segera pulang ke kampung halamannya. Pekerja migran yang hadir pada saat penyuluhan bercerita dan berdiskusi tentang kesiapan mereka menjadi single parent. Mereka juga diberikan tips untuk menghadapi stigma publik saat kembali ke kampung halaman, serta bagaimana menjadi ibu cerdas yang memberikan asupan gizi cukup kepada bayinya.

Redaksi takjub saat Lisa, HealthCare Manager PathFinders, menggendong bayi yang hanya berusia beberapa hari dengan kasih dan welas asihnya di ruangan yang sangat ramah anak, di dinding ruangan tersebut tercantum pengumuman tidak boleh mengambil foto.

"Yah, kita menjaga kerahasiaan para calon ibu dan ibu yang sudah memiliki anak agar mereka nyaman. Mereka datang dan kami melayani kebutuhannya dengan tetap menjaga privacy mereka,'' lanjut Riri.

Sementara itu diingatkan oleh Vicky, sapaan akrab Victoria Street, akan Charity Night dan Gala Dinner PathFinders yang akan dilaksanakan akhir Oktober 2018 mendatang.

Tercatat banyak donatur dan partner baik dari individu maupun organisasi yang tercantum pada Annual Report 2016 seperti Indonesian Migrant Workers Union, Danone Nutricia Early, Against Child Abuse dan masih banyak lagi lainnya. PathFinders tidak mendapatkan bantuan dana dari pemerintah Hong Kong dan sepenuhnya bergantung pada donatur.

Untuk mendukung kerja baik PathFinders bisa dengan klik disini atau menghubungi mereka di donations@pathfinders.org.hk atau di (+852) 2550 5486.

Redaksi yang juga Ketua Umum Koalisi Anak Madani Indonesia-KAMI menyampaikan rencana untuk hadir dan memberikan boneka dan mainan khas nusantara seperti wayang serta ingin mendongeng kepada anak-anak balita usia 3-5 tahun yang lumayan banyak.

"Terima kasih dan senang sekali apabila ada perhatian seperti itu, PathFinders dengan tangan terbuka menerima donasi dan sinergi dari siapapun, perorangan maupun organisasi," imbuh Vicky yang juga turut menyampaikan salam hangat dari Kay McArdle selaku CEO PathFinders.

Anda tentu masih ingin mengakses lebih jauh tentang PathFinders? Silahkan klik www.pathfinders.org.hk atau mengakses banyak video inspiratif di https://www.youtube.com/pathfindershk


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER