Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hiburan > Pendaftaran Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu; Resmi Dibuka

Pendaftaran Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu; Resmi Dibuka

Hiburan | Sabtu, 9 Juni 2018 | 18:33 WIB
Editor : ARUL Muchsen

BAGIKAN :
Pendaftaran Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu; Resmi Dibuka

Jakarta, Kabarindo- Setelah program gerakan wirausaha sosial (sociopreneurship) Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu diperkenalkan pada 14 Mei 2018 lalu, hari ini bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila PT Santos Jaya Abadi melalui salah satu merk-nya yaitu Kapal Api, secara resmi membuka pendaftaran bagi para pegiat dan calon pegiat sociopreneur muda yang ingin mewujudkan mimpi sekaligus menciptakan dampak positif sosial-ekonomi, melalui program inspiratif yang aplikatif dan berkelanjutan melalui platform www.secangkirsemangat.id.

Group Brand Manager PT Santos Jaya Abadi, Johnway Suwarsono mengatakan, “Mengusungsemangat pemuda, Kapal Api berkomitmen mendukung pertumbuhan sociopreneurship dengan menyiapkan wadah bagi pemuda Indonesia dengan ide dan semangat sociopreneurship untuk menyalurkan aspirasinya dan membuat nyata tujuannya. Program ini selaras dengan nilai luhur Kapal Api yaitu penghargaan terhadap semangat hidup, bangga dan setia pada solidaritas sosial.”

Johnway pun menambahkan bahwa program ini didukung oleh para pegiat sociopreneur Indonesia yang telah sukses di bidangnya masing-masing, yang akan berperan sebagai mentor, motivator sekaligsus teladan bagi generasi muda Indonesia untuk menuangkan ide serta konsep kreatif dalam rangka mewujudkan usaha sosialnya.

Sociopreneurship juga menjadi salah satu perhatian utama Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF). Pertumbuhan industri ekonomi kreatif sendiri terus memperlihatkan peningkatan dan telah menjadi salah satu pilar penting bagi perekonomian Indonesia. Survei BEKRAF dan Badan Pusat Statistik mencatat; industri ekonomi kreatif pada 2016 lalu menyumbang sebesar 922,59 triliun rupiah terhadap PDB nasional (7,44%), menyerap 16,91 juta tenaga kerja (14,28%) dan membukukan nilai ekspor sebesar US$20 miliar.
Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf yang turut hadir di acara peluncuran program bulan lalu mengatakan, ekonomi kreatif merupakan industri yang memanfaatkan kreativitas, bakat, dan kemampuan individu untuk menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan. Kebangkitan sociopreneurship menjadi tanda pertumbuhan ekonomi nasional dan menjadi salah satu solusi bagi persoalan sosial-ekonomi bangsa, sehingga perlu didukung oleh ekosistem yang lengkap agar dapat terus
tumbuh dan terjaga keberlanjutannya. Kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, praktisi dan pelaku wirausaha sosial diharapkan mampu mendorong laju pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia secara positif.

Co-founder JKTCreative, Iwet Ramadan, sebagai pegiat sociopreneur dan salah satu mentor program, secara bersemangat mengundang partisipasi para pemuda. “Indonesia kaya akan bibit-bibit calon pegiat sociopreneur dengan ragam usaha sosial. Namun, untuk dapat memberi dampak yang berkelanjutan,
seorang sociopreneur perlu terus mengasah keterampilan dan keahlian dengan memanfaatkan jejaring yang ada. Melalui program ini, peserta program dapat mengembangkan diri dalam ruang belajar, berbagi pengalaman, memperoleh bimbingan dan pendampingan.”

Founder Agradaya sekaligus mentor program, Asri Saraswati, mengungkapkan “Sebagai pegiat sociopreneur, kami mengapresiasi program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu. Program ini memungkinkan kami menularkan semangat sosial, mengeksplorasi gagasan-gagasan inovatif dan solusi
kreatif bagi persoalan ekonomi masyarakat bersama para peserta."

Juri, inspirator dan mentor lain yang juga turut berpartisipasi dalam program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu adalah Triawan Munaf (Kepala Badan Ekonomi Kreatif), Ari Juliano Gema (Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi, BEKRAF), Yoris Sebastian (Creative Thinker & Founder OMG), Veronica Colondam (Founder Yayasan Cinta Anak Bangsa), Helga Angelina (Founder Burgreens), Iwet Ramadan (Co-founder JKTCreative), Leonard Theosabrata (Founder Indoestri
Makerspace), Azalea Ayuningtyas, Melia Winata, Hanna Keraf (Co-founders Du'Anyam), Denica Flesch (Founder SukkhaCitta), Titin Agustina (Founder Kraviti), Andhika Mahardika dan Asri Saraswati (Founder Agradaya), Deasy Esterina (Founder Kreskros), Vania Santoso (Founder HeyStartic), serta Nur Cholidah dan Noor Fadillah (Founder House of Diamonds).

Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu akan diisi dengan kegiatan mentoring sepanjang program di 6 kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Yogyakarta dan Semarang. Peserta dapat mengikuti ragam kegiatan seperti sesi mentoring bersama sociopreneur sukses di bidangnya; sesi berbagi inspirasi di kampus-kampus terpilih; workshop keterampilan oleh para mentor; kesempatan magang di institusi mentor; sesi pameran, demonstrasi, unjuk produk dan jasa kepada konsumen/publik umum; program penggalangan dukungan publik atau kolaborator; serta kegiatan puncak program dalam bentuk konferensi sociopreneurship dan kesempatan berjejaring yang dipadu dengan hiburan. Di akhir periode program bulan Februari 2019 mendatang, peserta dengan nilai kompetitif terbaik akan ditetapkan sebagai pemenang.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER