Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > Samsung Electronics Indonesia; Donasikan 3000 Lentera Tenaga Surya

Samsung Electronics Indonesia; Donasikan 3000 Lentera Tenaga Surya

Iptek | Senin, 11 Juni 2018 | 14:38 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Samsung Electronics Indonesia; Donasikan 3000 Lentera Tenaga Surya

Samsung Electronics Indonesia; Donasikan 3000 Lentera Tenaga Surya

Untuk warga Kutai Timur dan Flores Timur

Surabaya, Kabarindo- Samsung Electronics Indonesia melakukan aksi donasi “3.000 Cahaya untuk Indonesia”, sebuah aksi donasi lentera tenaga surya untuk masyarakat yang belum mendapatkan akses listrik dan penerangan di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, dan Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

Kanghyun Lee, Vice President Samsung Electronics Indonesia, mengatakan lentera tenaga surya ini ramah lingkungan dan mudah digunakan. Tujuannya untuk memberikan kehidupan yang lebih bahagia dan produktif bagi warga Kutai Timur dan Flores Timur.

Tahun ini kami memberikan 3.000 lentera tenaga surya bagi warga Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, dan Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, yang mendapatkan akses listrik secara merata. Lentera tenaga surya yang kami berikan tidak memerlukan listrik maupun pemeliharaan yang rumit, sehingga dapat mendukung produktivitas pada malam hari serta interaksi antar anggota keluarga lebih berkualitas,” ujarnya.

Donasi 3.000 lentera tenaga surya didistribusikan ke daerah-daerah yang paling membutuhkan penerangan di Kutai Timur dan Flores Timur, masing-masing sebanyak 1.500 unit.

Antonius Gege Hajon, Bupati Kabupaten Flores Timur, mengapresiasi donasi tersebut. Anak-anak dapat belajar pada malam hari serta warga perempuan dapat menyelesaikan pesanan produk anyaman dan tenunan dengan cepat dan lebih banyak. Anyaman yang dibuat warga Pulau Solor menjadi salah satu komoditi ekspor favorit yang banyak mendapatkan pesanan dari berbagai negara serta menjadi salah satu produk merchandise resmi Asian Games 2018.

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral Republik Indonesia mengatakan, pada 2018 Indonesia ditargetkan bebas dari rumah dan desa tanpa penerangan. Jumlah desa yang belum memperoleh penerangan sekitar 12.500 desa, sementara 2.500 desa di antaranya membutuhkan sambungan atau aliran listrik yang juga digunakan untuk berbagai keperluan seperti televisi dan lainnya.

Sebanyak 1.500 lentera tenaga surya kami distribusikan ke beberapa distrik di Kutai Timur dengan memperhatikan kebutuhan dan kondisi penerangan setempat. Kondisi penerangan di Kutai Timur sudah mulai terakses oleh listrik, namun belum teraliri dengan maksimal. Merupakan hal yang lazim jika listrik padam malam hari. Dengan donasi Samsung ini, masyarakat dapat melanjutkan rutinitas kegiatan pada malam hari tanpa kecemasan cahaya, ujar H. Ismunandar, MT, Bupati Kabupaten Kutai Timur.

Lentera-lentera tersebut cukup dipaparkan pada matahari secara langsung selama 10 jam untuk mendapatkan energi penuh dan memberikan penerangan selama 12 jam. Ada tiga moda pencahayaan yaitu terang, sangat terang dan berkedip, sehingga bisa disesuaikan kebutuhan pemakai. Lentera ini juga dapat dilipat dan mudah disimpan, bisa digantungkan atau dibawa sambil berjalan, sehingga mendukung mobilitas pada malam hari.

Kami tidak hanya membuat produk dan layanan, namun juga berkontribusi dalam menciptakan masyarakat dunia yang lebih baik di mana pun Samsung beroperasi. Kali ini kami wujudkan dengan membantu warga Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, dan Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, agar memiliki kualitas hidup lebih baik,” ujar Kanghyun Lee.

Penulis: Natalia Trijaji

 


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER