Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > SHARP Indonesia Hidupkan Pandeglang Pasca Gempa; Lewat Warung Inisiatif

SHARP Indonesia Hidupkan Pandeglang Pasca Gempa; Lewat Warung Inisiatif

Iptek | Kamis, 28 Maret 2019 | 22:50 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
SHARP Indonesia Hidupkan Pandeglang Pasca Gempa; Lewat Warung Inisiatif

SHARP Indonesia Hidupkan Pandeglang Pasca Gempa; Lewat Warung Inisiatif

Guna mengembalikan kondisi dan menumbuhkan perekonomian warga

Surabaya, Kabarindo- Kondisi Serang, Banten dan sekitarnya pasca gempa dan gelompang pasang air laut pada Desember 2018 lalu masih terus menjadi pantauan PT SHARP Electronics Indonesia.

Saat ini, SHARP Indonesia memfokuskan diri pada pemulihan situasi dan kondisi warga terdampak bencana alam di Pandeglang, Banten, dengan cara membangun kembali sejumlah sarana masyarakat yang berdaya guna.

Bermitra dengan Yayasan PKPU, SHARP Indonesia menyiapkan bantuan perbaikan sarana masyarakat berupa ‘Warung Inisiatif’. Fasilitas warung menjadi pilihan guna mengembalikan kondisi yang kondusif serta menumbuhkan perekonomian warga sekitar Kampung Cangkara, RT 004/RW 001, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Carita, Pandeglang, Banten.

Sepuluh warung dengan jenis berbeda-beda dibangun selama 3 bulan. Jenis warung pun disesuaikan dengan usaha yang dijalankan warga sebelumnya, mulai dari warung sembako hingga warung saji makanan. Guna memudahkan jalannya usaha warga penerima bantuan, SHARP Indonesia juga menghibahkan bantuan berupa uang senilai Rp.5.000.000 sebagai modal awal.

“Kehadiran kami di sini bersama PKPU bertujuan mendorong masyarakat kembali aktif berkegiatan. Warung menjadi pilihan, karena bagaimanapun warung telah menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat sekitar dan sarana yang kami percaya dapat menghidupkan perkampungan Cangkara. Selain warung, kami juga memberikan fasilitas seperti meja dan bangku untuk warga berkumpul. Dengan berkumpul ini, semoga mereka bisa merasa lebih aman dan mengurangi dampak trauma yang mereka alami,” ujar Pandu Setio, PR & Brand Communications Manager PT SHARP Electronics Indonesia.

Sesuai aturan yang ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Pandeglang, daerah pesisir pantai masih merupakan zona merah yang tidak dapat digunakan untuk beraktivitas, termasuk berdagang. Untuk itu, penerima manfaat Warung Inisiatif memindahkan warung ke area pemukiman warga untuk sementara waktu.

Meski belum beroperasi seperti biasa, Warung Inisiatif dirasakan memberi pengaruh besar bagi warga penerima manfaat untuk memulai kembali usaha yang terhenti beberapa bulan pasca bencana alam. Hal ini diungkapkan oleh Kaswati, salah satu penerima manfaat,

“Tsunami benar-benar telah menghancurkan warung saya dan mematikan usaha. Selama 3 bulan, kami tidak memiliki penghasilan. Seluruh stok barang dagangan tersapu ombak bersama dengan warung. Kami berharap Banten kembali ramai dikunjungi wisatawan seperti sebelumnya, sehingga kami dapat kembali memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup, tuturnya.

Perbaikan sarana masyarakat di Pandeglang, Banten merupakan bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) SHARP Indonesia serta aksi employee philanthropy yang diinisiasi oleh karyawan SHARP Indonesia di kantor pusat maupun cabang. Tingginya kepedulian karyawan terhadap sesama berdampak positif pada hasil penggalangan donasi untuk warga Pandeglang, Banten. SHARP Indonesia akan terus melibatkan karyawan dari berbagai divisi dalam kegiatan CSR untuk mengurangi penderitaan warga terdampak bencana di suatu wilayah di Indonesia.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER