Sharp Indonesia Produksi Lemari Es 20 Juta Unit; di Tengah Pandemi Covid-19

Sharp Indonesia Produksi Lemari Es 20 Juta Unit; di Tengah Pandemi Covid-19

Sharp Indonesia Produksi Lemari Es 20 Juta Unit; di Tengah Pandemi Covid-19

Luncurkan Kirei III, targetkan penjualan 360 ribu unit setahun

Surabaya, Kabarindo- PT Sharp Electronics Indonesia berhasil memproduksi 20 juta unit lemari es pada April lalu. Ini merupakan prestasi besar di tengah pandemi Corona-19.

Perusahaan ini menerapkan strategi yang menyesuaikan kinerja dengan kondisi pada masa Covid-19. Dalam kurun waktu 3 bulan, PT Sharp Electronics Indonesia mampu meningkatkan produksi hingga 40%, seiring dengan meningkatnya permintaan pasar yang berujung pada kenaikan penjualan.

Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, Shinji Teraoka, mengatakan hal ini berkat kinerja efisien dari sektor operasional dan penjualan perusahaan. Meski pegawai yang datang ke pabrik berkurang dengan diterapkannya Work From Home (WFH), namun dapat dimaksimalkan dengan pembagian tugas yang efektif dan efisien.

“Begitu pula dengan kendala penutupan pertokoan dan pusat perbelanjaan yang mengakibatkan penurunan daya beli masyarakat yang berdampak pada penjualan, dapat diatasi melalui strategi penjualan online,” ujarnya dalam Sharp Web Conference pada Rabu (8/7/2020).

Andry Adi Utomo, National Sales Senior General Manager, memaparkan Sharp memiliki 3 kunci utama dalam menjalankan strategi bisnis yaitu mengoptimalkan penggunaan internet, menghitung presisi terhadap potensi permintaan pasar dan menghadirkan produk baru yang sesuai dengan perubahan gaya hidup pada masa pandemi.

Melalui strategi ini, Sharp mampu mempertahankan performa bisnisnya dengan melakukan beragam kampanye penjualan melalui kanal digital. Sharp juga jeli melihat peluang pasar dengan melempar produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dalam menghadapi pandemi Covid-19,” ujarnya.

Bersamaan dengan Web Conference tersebut, Sharp meluncurkan lini lemari es satu pintu terbaru Kirei III guna melengkapi lini produk yang sudah ada serta memenuhi kebutuhan pasar akan keragaman model dan disain lemari es satu pintu.

Andry merujuk hasil riset di lapangan bahwa dampak pandemi Covid-19 membuat masyarakat Indonesia kerap berbelanja banyak guna menyimpan bahan makanan, sehingga membutuhkan lemari es tambahan. Lemari es satu pintu menjadi pilihan yang tepat karena desainnya kompak dan ruang penyimpanannya cukup luas.

Andry menjelaskan, Kirei III mengangkat motif bunga sebagai tema desain. Lemari es ini hadir dalam 3 seri utama, yaitu Sakura Series, Sakura Vivid dan Dandelion Series. Menyasar kaum wanita, Kirei III berfungsi sebagai produk penyimpan makanan sekaligus menjadi ornamen penghias ruangan yang memberikan suasana berbeda di ruang makan dan dapur.

Lemari es Sakura Series terinspirasi dari kecantikan bunga Sakura yang berasal dari negara Jepang. Memiliki 3 varian warna yaitu merah muda, biru muda dan hijau muda. Sakura Vivid Series hadir dalam warna biru tua dan merah marun, sedangkan Dandelion series menghadirkan tiga warna motif bunga yaitu biru muda, merah muda dan putih yang menonjol pada warna hitam sebagai warna dasar.

Lemari es Kirei III dibekali 5 perlindungan berstandar Jepang agar tahan lama dan aman saat digunakan yaitu perlindungan voltase tidak stabil, perlindungan terhadap ketidakseimbangan, perlindungan bahaya api, perlindungan terhadap getaran dan perlindungan dari sengatan listrik. Untuk menambahkan rasa aman dan nyaman, ada garansi kompresor selama 5 tahun.

Kirei III juga memiliki fitur-fitur unggulan direct cooling system, tempered glass tray, low wattage, full insulation, washable gasket, fresh room dan semi-automatic defrost. Lemari es ini hadir dengan volume 133 liter, 166 liter dan 184 liter. Tempered Glass Tray adalah tray kaca yang mampu menahan beban sampai 100 kg. Selain itu hemat energi. Seluruh lemari es Kirei Series dapat beroperasi dengan daya rendah 90 watt.

Lemari es Kirei III dipasarkan dengan harga Rp.1,6 juta untuk kapasitas 133 liter, Rp. 1,8 juta untuk kapasitas 166 liter dan Rp.2 juta untuk kapasitas 184 liter. PT Sharp Electronics Indonesia menargetkan penjualannya mencapai 360 ribu unit setahun yang akan berkontribusi sebesar 25%-30% dari total penjualan lemari es satu pintu.

“Kami optimis target ini akan tercapai karena berbagai keunggulan Kirei III,” ujar Andry.

Penulis: Natalia Trijaji