SHARP Indonesia; Punya Program Rumah Senyum & Trauma Healing

SHARP Indonesia; Punya Program Rumah Senyum & Trauma Healing

SHARP Indonesia; Punya Program Rumah Senyum & Trauma Healing

Bangun sejumlah rumah, pemberian sembako, pengadaan peralatan sekolah dan kegiatan trauma healing

Surabaya, Kabarindo- SHARP Indonesia melanjutkan gerakan Bakti Untuk Negeri: Lombok Bangkit guna meringankan beban para korban gempa Lombok.

Ini merupakan rangkaian program Corporate Social Responsibility SHARP Indonesia yang diusung sepekan sejak ada berita mengenai gempa Lombok. Terbagi atas tiga fase bantuan, program CSR ini difokuskan pada beragam titik berbeda dan ditangani sesuai dengan kebutuhan masing-masing area.

Fase pertama telah diselenggarakan pada pertengahan Agustus di mana SHARP Indonesia melalui Yayasan PKPU Human Initiative memberikan donasi berupa bahan makanan pokok serta perlengkapan teori psikososial. Usai terlaksananya fase pertama, tim SHARP Indonesia kembali menelusuri area lain yang masih membutuhkan uluran bantuan.

Pada 4 September 2018, fase kedua diselenggarakan dengan menyasar dua kecamatan yang memiliki dampak cukup parah, yaitu Kecamatan Pemenang dan Kecamatan Tanjung, Lombok Utara. Kedua kecamatan ini mendapatkan bantuan masing-masing dua unit mesin cuci dan satu unit pompa air beserta instalasi untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat. Juga disalurkan kebutuhan seperti terpal dan selimut hingga kebutuhan pokok melalui karyawan SHARP cabang Denpasar.

“Kami berusaha untuk memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Ini dilakukan agar bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran. Pada fase ketiga, kami akan membangun sejumlah rumah sementara bagi sebagian warga terdampak,” ujar Andry Adi Utomo, National Sales Senior General Manager PT SHARP Electronics Indonesia.

Pada fase ketiga, SHARP Indonesia melibatkan karyawannya untuk memberikan donasi berupa uang tunai, pakaian layak pakai, selimut hingga tenaga. Melalui PKPU, sebagian dana yang terkumpul dialokasikan untuk pembangunan tempat pengungsian sementara lewat program Rumah Senyum, pemberian sembako, pengadaan peralatan sekolah dan kegiatan trauma healing.

Pada 18 September 2018, berpusat di daerah Karang Nangka, Desa Sokong, Kecamatan Tanjung Klu 4, Lombok, SHARP Indonesia menyerahkan bantuan dan membangun Rumah Senyum sebagai hunian sementara sampai rumah asli mereka selesai dibangun. Hunian seluas 4 x 6 meter persegi ini akan dibangun menggunakan materi yang kokoh agar layak ditinggali dan melindungi mereka dari udara dingin dan cuaca yang tidak bersahabat. Sebanyak 20 unit Rumah Senyum akan dibangun di beberapa titik wilayah yang membutuhkan.

Melalui konsep employee volunteering, SHARP Indonesia melibatkan karyawannya dalam pembangunan Rumah Senyum maupun dalam kegiatan trauma healing. Dilakukan di tenda sekolah darurat, karyawan mengajak anak-anak belajar dan bermain dalam suasana yang menyenangkan.

“Meski dilanda bencana alam, pendidikan tetap harus dinomorsatukan. Selain melengkapi peralatan sekolah, kami menghibur mereka dengan aktivitas bermain dan belajar,” ujar Pandu Setio, PR & Brand Communication Manager PT SHARP Electronics Indonesia.

Penulis: Natalia Trijaji