Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hiburan > SHARP Indonesia; Siap Jawab Tantangan Di Era Digital

SHARP Indonesia; Siap Jawab Tantangan Di Era Digital

Hiburan | Kamis, 15 Maret 2018 | 17:45 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
SHARP Indonesia; Siap Jawab Tantangan Di Era Digital

SHARP Indonesia; Siap Jawab Tantangan Di Era Digital

 

SHARP manfaatkan Internet of Things pada produk andalannya

 

Surabaya, Kabarindo- Kondisi pasar yang stagnan akibat laju pertumbuhan ekonomi yang melambat, sempat dirasakan oleh seluruh sektor industri, tak terkecuali industri elektronik.

 

Salah satu faktor penyebabnya adalah preferensi peralihan minat masyarakat dari sistem konvensional ke sistem baru yang mengandalkan teknologi.

 

Ditengah situasi yang penuh tantangan tersebut, SHARP mampu menunjukkan kenaikan pangsa pasar sekitar 3%. Hal ini didukung oleh kemampuan SHARP untuk terus mengikuti perkembangan zaman dan menguatkan inovasi teknologinya.

 

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang meningkat tajam hingga 132,7 juta orang dengan rata-rata penggunaan mencapai 8 jam per hari, dimanfaatkan SHARP dengan menelurkan inovasi berbasis internet yang dikenal dengan IoT atau Internet of Things. PT SHARP Electronics Indonesia melalui arahan SHARP Corporation siap berkompetisi dan mengembangkan lebih banyak produk IoT di era digital.

 

“Kami harus selalu adaptif dengan dinamika konsumen saat ini yang cepat sekali dalam menggunakan internet. SHARP berupaya menghasilkan produk canggih lainnya. Kami juga akan terus memberikan edukasi yang tepat, sehingga teknologi ini bisa diadopsi dan dimanfaatkan dengan baik oleh konsumen,” ujar Andri Adi Utomo, National Sales Senior General Manager PT SHARP Electronics Indonesia.

 

Langkah awal SHARP mengawali IoT dimulai dengan hadirnya Cocorobo atau vacuum pintar elektronik yang diperkenalkan pada 2012. Mengandalkan teknologi digital, Cocorobo dilengkapi built-in camera dengan kemampuan untuk terkoneksi dengan wi-fi router dan smartphone. Konsumen dapat mudah mengecek kondisi temperatur ruangan lewat kamera pada Cocorobo hingga mengoperasikannya melalui ponsel.

 

Disusul kemunculan RoBoHon atau ponsel pintar berbentuk robot yang diperkenalkan pada 2016 di Indonesia. Robot mini ini merupakan gabungan dua teknologi IoT dan Artificial Intelligence yang disebut AIoT atau Artificial Intelligence of Things. RoBoHon mengungguli kecanggihan ponsel biasa, karena berjalan dan beroperasi lewat voice command mengikuti profil pengguna, menjadi proyektor untuk foto dan video, bahkan membacakan pesan notifikasi.

 

SHARP juga mengaplikasikan teknologi ini pada piranti rumah tangga untuk produk Superheated Steam Oven Healsio. Produk yang dipasarkan di Jepang ini memiliki fitur voice command, sehingga konsumen dapat mengonsultasikan waktu memasak hingga jumlah kalori dari hidangan yang dibuat. Produk ini juga dapat mengetahui hidangan favorit keluarga konsumen.

 

Untuk pasar di Indonesia, SHARP meluncurkan Healsio Automatic Cookware, piranti memasak yang diluncurkan pada akhir 2017. Produk small home appliances ini dilengkapi teknologi AI guna mempermudah proses memasak. Dengan fitur automatic cooking, automatic stirring dan preset time cooking, siapa pun dapat menghasilkan hidangan dengan mudah, lezat dan sehat. Healsio Automatic Cookware menjadi sahabat memasak pintar yang digemari banyak ibu muda yang awas dengan kesehatan.

 

“Teknologi yang dibawa SHARP terus diseimbangkan dengan teknologi ramah lingkungan melalui inverter ataupun mode energy saving. Sebagai produsen elektronik, sudah menjadi kewajiban kami untuk terus menjaga lingkungan dan mampu meminimalisir dampak yang dihasilkan dari penggunaan listrik,” ujar Andri.

 

 

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER