SHARP; Raih Dua Penghargaan Di Indonesia Green Awards 2018

SHARP; Raih Dua Penghargaan Di Indonesia Green Awards 2018

SHARP; Raih Dua Penghargaan Di Indonesia Green Awards 2018

 

SHARP Greenerator gelar kampanye Lari Bebas Plastik 2018

 

Surabaya, Kabarindo- PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) meraih penghargaan bagi instansi dan korporasi yang memiliki inisiatif tinggi terhadap lingkungan yaitu Indonesia Green Awards (IGA) 2018 dari The La Tofi School of CSR.

 

Dua program yang dirilis pada 2017 berhasil menorehkan prestasi perdana untuk dua kategori berbeda, yaitu Program SHARP Solar Panel Project untuk kategori Menghemat Energi dan Penggunaan Energi Baru Terbarukan serta Program Kampanye Bombastik (Bogor Menuju Bebas Sampah Plastik) untuk kategori Mempelopori Pencegahan Polusi.

 

Tim juri menilai kedua program tersebut sesuai dengan kriteria penilaian untuk dua kategori tersebut serta memiliki kontribusi positif terhadap lingkungan dan kelangsungan keanekaragaman hayati.

 

Agus Soewadjie, Assistant General Manager Marketing Communication Division PT SEID, mengapresiasi penghargaan tersebut, karena dua program tersebut dilaksanakan secara maksimal oleh seluruh pihak yang terlibat.

 

“Terima kasih untuk SHARP Greenerator yang dijalankan oleh komunitas muda kami. Semoga penghargaan ini bisa terus memicu mereka dalam mengembangkan program baru lainnya, ujarnya.

 

SHARP Greenerator juga menggelar program kampanye baru bertajuk ‘Lari Bebas Plastik 2018’ di Lapangan Sempur, Bogor, sebagai komitmen dalam mewujudkan program pelestarian lingkungan yang berkelanjutan.

 

Berkolaborasi dengan Bogor Runners, komunitas lari di Bogor, keduanya mengemas aktivitas ini secara unik dengan menggabungkan gerakan lari dengan aksi pungut sampah di sekitar area. Kampanye ini terbuka untuk umum dari segala usia dan tanpa dipungut biaya apapun.

 

“Untuk mewujudkan mimpi yang besar, kami sadar jika dibutuhkan lebih banyak sinergi dengan komunitas lain di Kota Bogor. Kami pikir, cara yang paling mudah dan menyenangkan adalah lari karena bisa dilakukan siapapun. Nah, jika biasanya lari hanya bermanfaat untuk kesehatan diri sendiri, maka aktivitas lari kali ini mengajak masyarakat berbuat lebih untuk lingkungan,” ujar Prima Yulina, Presiden SHARP Greenerator periode 2018-2021.

 

Selama berlangsungnya kampanye, SHARP Greenerator menyediakan berbagai merchandise menarik sebagai rasa terima kasih kepada setiap partisipan. Merchandise yang dibagikan berkaitan dengan cara untuk menggantikan sampah plastik, seperti tas kain dan tumbler.

 

“Semoga ‘Lari Bebas Plastik 2018’ bisa menjadi kebiasaan baru bagi siapapun. Agar setiap kali menyusuri Kota Bogor, mereka juga awas dengan sampah yang bertebaran dan mengembalikannya ke tempat pembuangan. Lebih baik lagi jika mereka juga berhenti menggunakan sampah plastik,” ujar Prima.

 

SHARP Greenerator merupakan komunitas muda yang dibina oleh SHARP Indonesia sejak 2015 yang didukung oleh lima Yayasan nirlaba yaitu Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Kebun Raya Bogor, Transformasi Hijau (Trashi), Yayasan Terumbu Karang Indonesia (Terangi), World Wild Fund (WWF) Indonesia dan Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation.

 

Menginjak tahun ketiga, anggota SHARP Greenerator secara mandiri mulai melaksanakan berbagai program lingkungan. Beranggota lebih dari 40 siswa dan siswi di Bogor, mereka membawa visi penting untuk menjadikan kota ini bebas dari sampah plastik.

Penulis: Natalia Trijaji