Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hiburan > SHARP Solar Panel Project Raih Prestasi; Indonesia’s Best Corporate Social Initiatives 2018

SHARP Solar Panel Project Raih Prestasi; Indonesia’s Best Corporate Social Initiatives 2018

Hiburan | Kamis, 6 September 2018 | 22:17 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
SHARP Solar Panel Project Raih Prestasi; Indonesia’s Best Corporate Social Initiatives 2018

SHARP Solar Panel Project Raih Prestasi; Indonesia’s Best Corporate Social Initiatives 2018

Menjadi penyemangat untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan lingkungan

Surabaya, Kabarindo- SHARP Indonesia kembali meraih penghargaan Indonesia’s Best Corporate Social Initiatives (IBCSI) 2018 dari majalah MIX Marcomm. Pada kemenangan tahun ketiga ini, SHARP Indonesia menjadi juara kategori Employee Volunteering atas program Solar Panel Project.

IBCSI merupakan penghargaan yang dikhususkan bagi perusahaan dengan inisiasi terbaik di bidang Corporate Social Responsibility (CSR) khususnya kesehatan, pemberdayaan komunitas, pendidikan dan lingkungan hidup.

“Penghargaan ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan lingkungan. Juga menjadi dorongan bagi karyawan lain untuk berpartisipasi dalam setiap kegiatan,” ujar Agus Soewadjie, Assistant General Manager Marketing Communication PT SHARP Electronics Indonesia.

Program Solar Panel Project diinisiasi untuk mengupayakan penggantian pemakaian energi listrik dengan pemasangan panel surya. Panel surya bekerja dengan memanfaatkan energi langsung dari matahari yang secara otomatis akan terkonversi menjadi energi listrik dengan prinsip efek photovaltic. Prinsip ini memungkinkan panel surya yang terbuat dari bahan semikonduktor untuk menyerap energi matahari kemudian mengubahnya menjadi energi listrik.

Penggunaan panel surya telah diterapkan secara langsung pada salah satu atap gedung kantor SHARP Indonesia HQ untuk meminimalisir energi listrik yang dikeluarkan. Besarnya manfaat yang dihasilkan dari panel surya ini kemudian mulai dikembangkan SHARP Indonesia untuk daerah lain yang membutuhkan. Dua daerah yang berhasil terbantu oleh panel surya adalah Pulau Sangiang, Banten dan Samboja Lestari, Kalimantan Timur. Sulitnya arus listrik di kedua daerah tersebut sukses diatasi dengan pemasangan panel surya.

SHARP Indonesia bekerja sama dengan organisasi nirlaba Yayasan Terangi (Terumbu Karang Indonesia) untuk menjangkau tempat pelestarian habitat penyu di Pulau Sangiang dan BOSF (Borneo Orangutan Survival Foundation) di pusat rehabilitasi dan reintroduksi orangutan. Pemasangan panel surya digunakan untuk memudahkan kegiatan operasional konservasi penyu dan orangutan di dua tempat berbeda tersebut.

Pemasangan dilakukan secara mandiri oleh karyawan relawan SHARP Indonesia serta organisasi nirlaba terkait. Selain mencari tahu langsung kondisi kedua tempat konservasi ini, karyawan yang berpartisipasi juga mendapat keuntungan untuk belajar mengenai kedua hewan langka hingga cara kerja panel surya. Sejak dipasangnya panel surya di daerah ini, SHARP Indonesia secara langsung juga menyelamatkan keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia.

Kegiatan CSR tidak bisa dilakukan sendiri oleh satu tim. Dibutuhkan partisipasi aktif dari karyawan di departemen lainnya. Tujuannya agar karyawan lain juga dapat melihat seberapa pentingnya lingkungan bagi keberlangsungan hidup manusia dan mereka dapat menjadi inspirasi bagi sekitarnya,” ujar Agus.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER