Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Terima 1.602 Peserta SBMPTN; ITS Peringkat Empat Rata-rata Nilai UTBK

Terima 1.602 Peserta SBMPTN; ITS Peringkat Empat Rata-rata Nilai UTBK

Berita Utama | Rabu, 10 Juli 2019 | 22:32 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Terima 1.602 Peserta SBMPTN; ITS Peringkat Empat Rata-rata Nilai UTBK

Terima 1.602 Peserta SBMPTN; ITS Peringkat Empat Rata-rata Nilai UTBK

Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk mahasiswa jalur SBMPTN sekitar Rp.500 ribu – Rp.7,5 juta

Surabaya, Kabarindo- Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 sudah dapat diakses mulai Selasa (9/7) sore.

Tahun ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menerima sebanyak 1.602 calon mahasiswa baru pada jalur tersebut. Hebatnya, rata-rata nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) mereka menduduki posisi keempat terbaik dari perguruan tinggi di Indonesia.

Wakil Rektor I ITS Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT, menjelaskan dari total yang diterima lewat SBMPTN, terdapat 135 orang dari program beasiswa bidikmisi yang sukses menembus ITS. Jumlah ini sangat sedikit, karena menurut peraturan setidaknya setiap perguruan tinggi bisa menampung mahasiswa bidikmisi sebanyak 20% dari kuota mahasiswa seluruhnya. Nantinya mahasiswa yang benar-benar membutuhkan bantuan dan belum sempat mendaftar bidikmisi juga bisa mendapatkannya.

Uang Kuliah Tunggal (UKT) di ITS untuk mahasiswa jalur SBMPTN sekitar Rp.500 ribu – Rp 7,5 juta. Bergantung dari pendapatan dan tanggungan masing-masing orang tua mahasiswa.

Adi menambahkan, penerima mahasiswa terbanyak dari jalur SBMPTN ada di Departemen Informatika sejumlah 101 orang. Dari total yang diterima, calon mahasiswa baru jalur SBMPTN ini mayoritas berasal dari Jawa Timur, sisanya dari sejumlah daerah di seluruh Nusantara.

Adi mengakui, peminat ITS pada SBMPTN tahun ini turun drastis jika dibandingkan tahun kemarin. Namun kualitas calon mahasiswa baru ITS cukup tinggi, terbukti dari rata-rata nilai UTBK mereka yang begitu baik.

Adi berharap, para calon mahasiswa baru bisa memanfaatkan dengan baik kesempatan berkuliah di ITS yang tidak semua orang bisa menjalaninya. Memang perkuliahan di ITS tidak begitu mudah, mereka tidak boleh santai setelah diterima.

“Harus dapat berjuang dan berprestasi di kampus ini,” ujar guru besar Teknik elektro ini.

Pendaftar yang belum diterima di ITS lewat jalur SBMPTN, tidak perlu khawatir. Masih ada jalur Progam Kemitraan dan Mandiri (PKM) dan Vokasi yang bisa dicoba dengan menggunakan nilai UTBK yang telah mereka miliki.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER