TikTok Ajak #SamaSamadiRumah; agar Pengguna Betah di Rumah

TikTok Ajak #SamaSamadiRumah; agar Pengguna Betah di Rumah

TikTok Ajak #SamaSamadiRumah; agar Pengguna Betah di Rumah

Hadirkan video dari beberapa kreator

Surabaya, Kabarindo- Menghadapi pandemi COVID-19, pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan social distancing dengan meniadakan aktivitas di kantor, sekolah dan pusat keramaian lainnya.

TikTok, sebagai platform destinasi video singkat, menghadirkan program #samasamadirumah agar pengguna tetap semangat dalam berkreativitas. Rangkaian program ini dimulai dengan hashtag challenge #samasamadirumah yang mengajak masyarakat untuk berbagi cara-cara kreatif saat menghabiskan waktu di rumah.

Berikut adalah cuplikan video dari beberapa kreator:

  1. Komedi

Selama karantina diri, Meike punya tips kocak yang bisa dilakukan siapa aja di rumah. Salah satunya dengan mencoba fitur edit video dan efek seru yang bisa menghilangkan kebosanan. “TikTokan mandiri” adalah cara Meike untuk tetap seru, yaitu membuat konten dengan stiker memperbanyak diri atau head quiz sendiri dengan pantulan diri di cermin.

  1. Kesehatan

Imunitas tubuh yang baik bisa menghindari perkembangan virus dalam tubuh kita. Livita Gunardi, salah satu kreator TikTok membagikan tips olahraga alternatif di rumah untuk membentuk kaki, berikut dengan full instruction yang bisa dipraktekkan siapa aja. Dien Limano juga memberikan tutorial simple deadly cardio yang membentuk bagian upper, lower dan core body.

  1. Masakan

Meskipun di rumah saja, kita tetap butuh asupan makanan yang bergizi. Akun bernama BelajarMasakYuk memberikan tutorial masakan Nusantara berikut dengan instruksi yang mudah dan sederhana. Salah satu tips yang bisa dicoba selama karantina diri ini adalah tumis sayur dan tempe jadi makanan enak.

  1. Menambah Ilmu

Punya banyak waktu luang juga bisa dimanfaatkan untuk menambah wawasan. Salah satu kreator bernama Andyhopps berbagi tips berbahasa Inggris, misalnya membagikan kalimat alternatif pengganti Keep Spirit serta pengucapannya, seperti yang biasa digunakan oleh native speaker.

“Ini saat yang sulit bagi seluruh dunia, tapi momen ini juga dapat mempersatukan kita sebagai satu komunitas, bagaimana kita tetap saling terhubung dan menyadari pentingnya saling membantu, menyemangati dan menghibur. Kami berharap masyarakat Indonesia dan seluruh dunia untuk tetap aman, tetap sehat dan tetap #samasamadirumah,” ujar Angga Anugrah Putra, Head of Content and Users Operations, TikTok Indonesia.

Selain mendukung imbauan untuk jaga jarak dan tetap di rumah, TikTok juga ikut memberikan kontribusinya kepada tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam menanggulangi pandemi ini melalui donasi sebesar 10 juta dolar AS kepada COVID-19 Solidarity Response Fund dari WHO. Dana ini diharapkan dapat membantu WHO dalam melakukan pekerjaan penting, termasuk mengirim persediaan kepada tenaga medis, memastikan komunitas memiliki akses ke informasi yang berbasis ilmiah dan mempercepat usaha untuk menemukan pengobatan atau vaksin virus ini.

Penulis: Natalia Trijaji