Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > TikTok Gandeng Ikatan Guru Indonesia & Jaringan Sekolah Digital Indonesia; Dukung Pendidikan Indonesia

TikTok Gandeng Ikatan Guru Indonesia & Jaringan Sekolah Digital Indonesia; Dukung Pendidikan Indonesia

Berita Utama | Rabu, 25 November 2020 | 22:49 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
TikTok Gandeng Ikatan Guru Indonesia & Jaringan Sekolah Digital Indonesia; Dukung Pendidikan Indonesia

TikTok Gandeng Ikatan Guru Indonesia & Jaringan Sekolah Digital Indonesia; Dukung Pendidikan Indonesia

Adakan workshop webinar bertajuk “Memaksimalkan Platform Video Pendek untuk Pendidikan” bagi lebih dari 1000 guru

Surabaya, Kabarindo- TikTok mengumumkan kerja sama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI) untuk menyelenggarakan workshop webinar bertajuk “Memaksimalkan Platform Video Pendek untuk Pendidikan” bagi lebih dari 1000 guru di seluruh Indonesia.

Webinar tersebut merupakan bagian dari program #SamaSamaBelajar yang diluncurkan TikTok pada Mei lalu. Program yang mendorong konten berbasis edukasi atau skill ini telah mendapatkan lebih dari 35 miliar views dan membawa konten edukasi sebagai salah sau dari top konten di TikTok.

IGI dan JSDI sebagai organisasi guru, dosen dan pemerhati pendidikan di Indonesia menyambut baik kolaborasi ini. Muhammad Ramli Rahim, Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI), mengatakan pengadopsian teknologi di dunia pendidikan itu merupakan suatu keniscayaan, yang akhirnya didorong dengan terjadinya pandemi ini.

“Para guru perlu selalu belajar mengikuti perkembangan teknologi, agar dapat terus menyampaikan materi pengajaran yang efektif kepada para pelajar,” ujarnya.

Berdasarkan hasil survei dari Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Wahana Visi Indonesia, disebutkan bahwa 95% setuju untuk melakukan pembelajaran jarak jauh atau kombinasi setelah pemerintah pusat memberikan kebebasan kepada pemerintah daerah untuk membuka kembali sekolah. Dari survei yang sama, ditemukan bahwa lebih dari sebagian guru membutuhkan pelatihan digital tingkat lanjut.

Untuk mendukung kebutuhan para guru, TikTok Indonesia, bersama IGI dan JSDI akan mengadakan webinar di 10 kota termasuk di Aceh, Makassar hingga Maluku. Webinar ini akan memberikan pengenalan tentang TikTok, kreasi konten, keamanan digital dan pemanfaatan platfrom tersebut untuk mendukung kegiatan belajar mengajar para guru. Diselenggarakan mulai Desember 2020, webinar ini diharapkan dapat menjangkau lebih dari 1000 guru.

“Di TikTok, kami memahami bagaimana tantangan bagi edukasi terutama para guru di era pandemi ini. Diharapkan, melalui kerja sama ini, kami dapat mendukung para guru, dosen dan pelaku pendidikan lainnya untuk dapat memaksimalkan penggunaan video singkat sebagai wadah alternatif yang kreatif dan mudah dipahami oleh generasi muda Indonesia. Semua ini sejalan dengan tujuan kami meluncurkan Sama-Sama Belajar pada awal tahun, untuk mengajak siapapun memperkaya diri dengan ilmu di mana saja dan kapan saja,” kata Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations TikTok Indonesia.

Ramli menambahkan, TikTok merupakan platform yang ramai digunakan oleh para pelajar. Dengan berlatih membuat konten di TikTok untuk mendukung kegiatan mengajar, para guru dapat merangkul dan menjangkau para pelajar dengan lebih efektif karena mengikuti bahasa yang sudah mereka pahami.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER