Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > WASI; Pecahkan Rekor Rangkaian Penyelam Terpanjang di Bawah Air

WASI; Pecahkan Rekor Rangkaian Penyelam Terpanjang di Bawah Air

Ekonomi & Bisnis | Jumat, 2 Agustus 2019 | 16:03 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
WASI; Pecahkan Rekor Rangkaian Penyelam Terpanjang di Bawah Air

WASI; Pecahkan Rekor Rangkaian Penyelam Terpanjang di Bawah Air

Guinness World Records Official Attempt, diikuti 578 penyelam pria dan wanita

Surabaya, Kabarindo- Organisasi Wanita Selam Indonesia (WASI) yang diketuai oleh Tri Tito Karnavian, istri Kapolri, berhasil meraih rekor dunia Rangkaian Penyelam Terpanjang di Bawah Air yang diikuti oleh 578 penyelam pria dan wanita pada Kamis (1/8/2019).

Mereka merupakan penyelam terdaftar yang dipilih khusus oleh tim panitia penyelenggara dan berdomisili di kota Manado. Rekor ini memecahkan rekor sebelumnya yang diraih oleh Amerika pada 2018 dengan jumlah 386 penyelam.

Rekor yang diraih WASI disahkan oleh pihak Guinness World Records Official Attempt yang diwakili oleh Solvej Malouf, Guinness World Records Adjudicator.

Tri Tito Karnavian bersyukur bahwa para peserta berhasil naik dengan selamat. Pemecahan rekor tersebut menguatkan posisi Indonesia sebagai negara maritim yang mampu melebihi rekor yang dicapai oleh negara lain, khususnya yang berhubungan dengan laut. WASI menginisiasi kegiatan ini sebagai wujud dukungan untuk memajukan pariwisata serta mendorong masyarakat untuk turut aktif menjaga kelestarian laut Indonesia.

Kegiatan pemecahan rekor telah dipersiapkan sekitar satu tahun, mulai dari koordinasi para peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia maupun dari luar Indonesia, serta proses panjang pemilihan lokasi untuk melaksanakan kegiatan hingga akhirnya Manado terpilih sebagai lokasi yang paling tepat.

“Kita sudah melakukan survei ke seluruh Indonesia, karena untuk melakukan kegiatan berskala besar seperti ini tentu ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Kami memeriksa mulai dari fasilitas hotel, penerbangan dan tentunya venue tempat diselenggarakannya acara, karena ini merupakan hal yang terpenting untuk keselamatan para peserta. Dari seluruh tempat yang kami survei, Manado beruntung menjadi tempat terbaik untuk pelaksanaan kegiatan ini. Kami berharap, masyarakat Manado tidak hanya menjadi penonton, namun selanjutnya dapat menjadi pelaku pecinta laut, ujar Tri Tito Karnavian.

Sejak didirikan pada 2018, WASI telah melakukan berbagai kegiatan untuk mengedukasi masyarakat tentang kegiatan maritime serta mengampanyekan pelestarian kehidupan dan wisata laut Indonesia. Salah satunya adalah pemecahan rekor MURI pada 2018 untuk Penyelaman Massal Wanita terbanyak yang diikuti oleh 930 penyelam wanita dan Pembentangan Bendera Terpanjang dalam Laut Indonesia sepanjang 500 meter.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER