Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Olahraga > XL Axiata & Kementerian Perhubungan; Sosialisasikan Keselamatan Berkendara

XL Axiata & Kementerian Perhubungan; Sosialisasikan Keselamatan Berkendara

Olahraga | Rabu, 14 Maret 2018 | 17:55 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
XL Axiata & Kementerian Perhubungan; Sosialisasikan Keselamatan Berkendara

XL Axiata & Kementerian Perhubungan; Sosialisasikan Keselamatan Berkendara

Manfaatkan teknologi digital untuk melaksanakan program yang bertujuan mengatasi persoalan masyarakat

Surabaya, Kabarindo- PT XL Axiata Tbk. bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan melaksanakan program sosialisasi dan edukasi keselamatan berkendara kepada masyarakat Indonesia.

Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini, mengatakan, pihaknya membuka diri bekerja sama dengan unsur-unsur pemerintahan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk melaksanakan program-program yang bertujuan mengatasi persoalan masyarakat luas.

“Teknologi digital memudahkan kita untuk melaksanakan program sosialisasi dan edukasi publik secara simultan dengan menjangkau kalangan luas,” ujarnya di Jakarta pada Rabu (14/3/2018).

Kerja sama tersebut melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat yang berlangsung selama 3 tahun ini, didasari fakta masih cukup tingginya angka kecelakaan yang disebabkan oleh faktor kurangnya kesadaran pengguna jalan dalam menjaga keselamatan diri maupun pengguna jalan lainnya.

Salah satu isu dalam hal ini menyangkut perilaku perempuan dalam berkendara. Banyak kebiasaan buruk yang dilakukan selama di jalan sehingga memicu kecelakaan. Data dari Polri menyebutkan, pada 2017 kecelakaan lalu lintas terjadi 98.419 kali dengan korban jiwa sebanyak 24.213 orang. Faktor manusia menjadi penyebab utamanya.

Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, mengatakan kesadaran untuk menjaga keselamatan berkendara menjadi pekerjaan rumah bagi masyarakat maupun pemerintah. Karena itu diperlukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengingat tingkat kepemilikan kendaraan bermotor di mayarakat semakin tinggi di semua wilayah Indonesia. Kaum perempuan yang mengemudi kendaraan juga terus meningkat. Namun kepemilikan dan penggunaan kendaraan bermotor tidak selalu disertai dengan kesadaran menjaga keselamatan di jalan.

Kerja sama tersebut mencakup penyediaan sarana layanan digital dalam Aksi Keselamatan Transportasi Darat. Dukungan ini meliputi penyediaan layanan digital melalui website www.sisternet.co.id yang di dalamnya terdapat modul e-Learn terkait informasi keselamatan berkendara. Juga ada materi sosialisasi dan edukasi keselamatan berkendara dan berlalu-lintas dalam bentuk artikel, kompetisi dan kuis di website maupun media sosial Sisternet.

XL Axiata juga memberikan dukungan berupa akses materi sosialisasi dan edukasi melalui MyXL, www.xl.co.id , SMS Blast, mobile advertising dan lain-lain. Sisternet juga akan membawa sosialisasi dan edukasi ke event offline komunitas perempuan yang selama ini dibina. Kemenhub akan menyediakan kurikulum edukasi dan materi dasar sosialisasi.

Target jangka pendek dari kerja sama ini meliputi pelaksanaan sosialisasi informasi Aksi Keselamatan Transportasi Darat dan edukasi pemanfaatan teknologi digital untuk mendukung sosialisasi tersebut. Selanjutnya akan dilaksanakan dukungan Digital untuk Informasi Keselamatan Transportasi Darat untuk moment mudik Lebaran 2018 berupa info mudik dan penyebaran imbauan tentang keselamatan transportasi darat semasa mudik Lebaran.

Untuk jangka panjang akan dilaksanakan pemanfaatan saluran digital untuk sosialisasi informasi Aksi Keselamatan Transportasi Darat melalui e-Learn dari Sisternet dengan sasaran kaum perempuan berkendara. XL Axiata juga akan mendukung penyebaran informasi terkait Keselamatan Transportasi Darat untuk keperluan musim liburan pada akhir 2018.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER