Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > XL Axiata Pastikan Jaringan dan Layanan Normal; Di Lombok

XL Axiata Pastikan Jaringan dan Layanan Normal; Di Lombok

Iptek | Selasa, 31 Juli 2018 | 16:08 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
XL Axiata Pastikan Jaringan dan Layanan Normal; Di Lombok

XL Axiata Pastikan Jaringan dan Layanan Normal; Di Lombok

Siap kirim bantuan ke lokasi gempa

Surabaya, Kabarindo- Pasca gempa 6,4 Skala Richter di Lombok, Minggu (29/7/2018), jaringan dan layanan XL Axiata tetap normal.

Pelanggan tetap bisa mengakses layanan XL Axiata di seluruh Lombok, termasuk di lokasi-lokasi terdekat dengan pusat bencana. Meski demikian, sejumlah langkah antisipasi telah disiapkan oleh tim teknis di lapangan, antara lain untuk mengatasi jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tim XL Axiata di Lombok juga telah siap mengirimkan bantuan darurat untuk para korban dengan berkoordinasi dengan aparat pemerintah setempat. Bantuan termasuk penyediaan sarana telekomunikasi dan akses internet gratis.

Vice Presiden XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim, mengatakan, meskipun gempa yang terjadi cukup kuat di area yang luas, lebih dari 2.200 unit BTS XL Axiata di Lombok tetap normal dan beroperasi melayani pelanggan, termasuk BTS yang berada di lokasi paling terdampak bencana yaitu di Kabupaten Lombok Timur dan sebagian Kabupaten Lombok Utara.

“Kami juga telah melakukan cek atas semua menara dan perangkat BTS di area bencana, antara lain di desa-desa kaki Gunung Rinjani, seperti Sembalun, Sajang, Sambik Elen dan Senaru. Semuanya dalam kondisi baik,” ujarnya.

Imam menambahkan, untuk memastikan jaringan dan layanan XL Axiata tetap terjaga, tim teknis telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi. Yaitu menyiapkan backup genset portable dan memastikan semua genset permanen sudah penuh terisi solar untuk antisipasi jika sewaktu-waktu aliran listrik terputus. Juga menyiapkan opsi redirect coverage dari site terdekat, bahkan mengerahkan mobile BTS ke lokasi yang membutuhkan.

Di wilayah Lombok Timur, XL Axiata memiliki sekitar 720 BTS, lebih dari 470 di antaranya adalah BTS 3G dan 4G LTE. Sementara di seluruh provinsi NTB, XL Axiata memiliki lebih dari 2.900 BTS dengan 790 BTS di antaranya 4G LTE yang melayani lebih dari 2 juta pelanggan.

Selain memastikan jaringan dan layanan tetap normal beroperasi, tim XL Axiata di lapangan segera menyalurkan bantuan ke lokasi-lokasi yang membutuhkan. Pada tahap awal, bantuan berupa bahan makanan, air mineral, obat-obatan, selimut, terpal dan tenda. Bantuan lain berupa dukungan teknis penyediaan sarana telekomunikasi dan akses internet gratis. Perangkat ini ditempatkan di lokasi yang paling membutuhkan.

Untuk penyaluran bantuan, tim XL Axiata berkoordinasi dengan aparat terkait. Lokasi penyaluran akan dipioritaskan melalui posko yang dibuat pemerintah daerah. Di wilayah Lombok Utara yaitu Desa Sambik Elen dan Dusun Loloan. Sementara di Lombok Timur ke posko di Kecamatan Sembalun dan Sambelia.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER