Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hukum & Politik > YouTube Kids; Hadirkan Aplikasi yang Ramah Bagi Keluarga Indonesia

YouTube Kids; Hadirkan Aplikasi yang Ramah Bagi Keluarga Indonesia

Hukum & Politik | Sabtu, 8 Desember 2018 | 15:13 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
YouTube Kids; Hadirkan Aplikasi yang Ramah Bagi Keluarga Indonesia

YouTube Kids; Hadirkan Aplikasi yang Ramah Bagi Keluarga Indonesia

Dilengkapi beragam konten inspiratif, edukatif dan menghibur

Surabaya, Kabarindo- YouTube telah meluncurkan YouTube Kids di Indonesia, sebuah aplikasi baru yang dibangun dengan memikirkan kebutuhan anak dan didesain khusus untuk menjadi aplikasi yang ramah keluarga.

Hingga saat ini, YouTube Kids telah diluncurkan di lebih dari 38 negara, ditonton lebih dari 70 miliar kali di seluruh dunia dan berhasil menduduki peringkat 5 terbaik dalam kategori aplikasi anak di seluruh dunia.

Fibriyani Elastria, Head of Consumer Marketing Google Indonesia, mengtakan prioritas utama dari YouTube adalah memberikan akses bagi orang tua dan anak-anak Indonesia terhadap koleksi konten yang inspiratif, edukatif, menghibur dan ramah keluarga.

YouTube Kids memberikan orang tua kontrol dalam memilih konten yang sesuai untuk dilihat dan dipelajari anak-anak, ujarnya.

Dengan perpaduan antara karakter khusus, orientasi horizontal dan kemudahan navigasi memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi anak dan keluarga, YouTube Kids diharapkan dapat menjadi tempat aman dan nyaman bagi anak-anak, khususnya umur 2-10 tahun, untuk dapat mengeksplorasi rasa keingintahuan dan imajinasi mereka.

Di aplikasi YouTube Kids, orang tua memiliki lebih banyak kontrol dengan fitur-fitur seperti timer, fitur built-in di dalam aplikasi yang memungkinkan orang tua untuk membatasi waktu menonton anak-anak secara otomatis. Juga penelusuran aktif/non-aktif, fitur yang dapat memberikan lebih banyak akses ke berbagai macam video sekaligus memberikan pengalaman menonton yang lebih terkontrol. Ada pula parent approved mode, fitur yang dapat membantu orang tua memilih sendiri video / channel apa yang tersedia pada profil anak mereka. Selain itu, orang tua dapat membuat hingga delapan profil berbeda dalam satu perangkat dimana orang tua dapat menentukan preferensi tontonan, rekomendasi video dan setelan kata sandi pribadi untuk setiap anak mereka. YouTube Kids juga membiarkan anak-anak membuat kode sandi pribadi untuk masuk ke profil mereka walaupun orang tua selalu dapat mengganti passcode mereka untuk masuk ke aplikasi.

YouTube Kids mendekatkan keluarga dengan menciptakan cara yang mudah dan menyenangkan bagi mereka untuk menemukan hiburan dan belajar bersama dalam lingkungan menonton yang lebih aman. Konten hiburan keluarga dan pembelajaran adalah salah satu kategori konten yang paling cepat berkembang di YouTube. Karena itu, tab ‘Pembelajaran’ (Learning) pada aplikasi YouTube Kids menyediakan akses bagi anak-anak dan keluarga ke lebih dari 1 miliar konten edukasi di YouTube setiap hari, seperti channel ‘Kok Bisa’ dan channel ‘Kastari Sentra’ yang telah menerima Gold Creator Award karena telah mencapai 1 juta subscriber.

Ryan Rahardjo, Senior Analyst Public Policy & Government Relations Google Indonesia, mengatakan YouTube selalu berusaha untuk mempromosikan konten lokal yang menginspirasi untuk menjadi bahan pengajaran dan pendidikan bagi anak-anak. Untuk mencapai hal ini, YouTube bekerja sama dengan Komunitas Ayo Dongeng Indonesia meluncurkan inisiatif Dongeng Yuk! yang mengangkat kembali cerita rakyat sebagai salah satu kekayaan budaya Indonesia.

Terdapat 34 cerita rakyat dari 34 provinsi yang kami angkat kembali untuk diceritakan. Kami berharap kegiatan ini mampu membantu melestarikan cerita rakyat Indonesia serta pesan moral positif di dalamnya yang patut diteladani tidak hanya kepada masyarakat Indonesia, tetapi juga kepada dunia,” ujarnya.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER