Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hiburan > Yuk Saksikan Konser Alur Bunyi Bersama Aryo Adhianto feat. Sandy Winarta

Yuk Saksikan Konser Alur Bunyi Bersama Aryo Adhianto feat. Sandy Winarta

Hiburan | Rabu, 1 September 2021 | 13:36 WIB
Editor : Sebastian Renaldi

BAGIKAN :
Yuk Saksikan Konser Alur Bunyi Bersama Aryo Adhianto feat. Sandy Winarta

JAKARTA. Kabarindo.com : Imajinasi Aryo Adhianto mengenai konvergensi hal-hal spiritual, mistis, purba, dan  keramat dengan pemikiran modern ditransformasikan ke dalam pertunjukan musik  berjudul NGAREP E. Dalam pertunjukan ini, produser dan komposer musik elektronik  ini akan tampil bersama drummer jazz Sandy Winarta yang akan memberikan respons  jazz terhadap beberapa karya Aryo.

Pertunjukan ini akan ditayangkan pada edisi ketiga seri konser eksperimental  kontemporer Alur Bunyi 2021 yang akan disiarkan lewat kanal YouTube Goethe-
Institut Indonesien pada hari Rabu, 25 Agustus 2021, pukul 19.00 WIB.

NGARAP E, yang dibaca “ngarepe”, merujuk kepada keinginan untuk berada di  depan—visi sang musisi untuk selalu maju dan tidak pernah diam di tempat. NGAREP  E juga dapat diartikan sebagai pengharapan (ngarep) terhadap E(lektronik), atau  dirumuskan ulang sebagai “memang ini musik elektronik?”

Menurut Aryo, NGAREP E bertolak dari keinginan untuk “mengajari” komputer cara  berimprovisasi pada piano digital. Ia menjelaskan bahwa komputer itu produk
teknologi yang merupakan manifestasi sains modern yang bersifat mekanistik.

“Pandangan terhadap kerja Bumi dan semesta pada era ini sejalan dengan pandangan  mekanistik, yaitu ibarat mesin yang dikendalikan oleh sistem operasinya. segala  pencarian mengenai sosok di balik mesin dan di mana sosok ini berada dikerdilkan.  Tidaklah mengherankan bila hal-hal spiritual, mistis, purba, dan keramat adalah  antitesis dari pemikiran modern. NGAREP E adalah suatu proyek musik dengan tujuan  membayangkan bagaimana jadinya bila hal-hal spiritual, mistis, purba, dan keramat  bersintesis dengan akal pikiran modern,” ujar Aryo.

Proyek musik ini menghadirkan sejumlah pertanyaan menggelitik seperti: Apa jadinya  kalau penabuh drum zaman purba mendapat wangsit untuk menggunakan fitur  automation pada Ableton? Bagaimana bila empu-empu pelaras gamelan dan filsuf  Yunani bertemu dalam sebuah grup WhatsApp? Apa jadinya kalau pengetahuan para  pawang hujan bisa diterjemahkan lewat nada-nada midi?

Penampilan Aryo bersama Sandy adalah kolaborasi perdana mereka. Berkat teknologi,  keduanya bisa terhubung dan berkolaborasi dari dua kota berbeda. Dari Bali, Sandy  membuat sesi pra-rekam di mana ia menanggapi karya-karya musik Aryo. Rekaman  Sandy kemudian diproses lebih lanjut oleh Aryo di studio di rumahnya di Jakarta.

Seri konser Alur Bunyi 2021 dikurasi oleh komposer jazz Azfansadra Karim (Adra  Karim). Alur Bunyi tahun ini menyediakan panggung untuk musisi elektronik dan jazz.  Seluruhnya ada lima edisi Alur Bunyi yang disiarkan mulai April lalu sampai November. Sebelum ini, Nikita Dompas dan Randy MP tampil dalam edisi pertama Alur Bunyi 2021  pada bulan April, diikuti oleh penampilan Batavia Collective bulan Juni lalu.


 


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER