Zenius untuk Guru; Sistem Manajemen Pembelajaran Gratis dari Guru untuk Guru

Zenius untuk Guru; Sistem Manajemen Pembelajaran Gratis dari Guru untuk Guru

Zenius untuk Guru; Sistem Manajemen Pembelajaran Gratis dari Guru untuk Guru

Ringankan beban kerja guru dalam membuat materi pelajaran dan soal ujian

Surabaya, Kabarindo- Zenius telah meluncurkan “Zenius untuk Guru” (ZuG), sebuah Sistem Manajemen Pembelajaran gratis yang dibuat oleh guru untuk guru.

Platform ini bisa digunakan oleh guru se-Indonesia secara gratis, oleh guru segala mata pelajaran, pada segala jenjang pendidikan untuk memudahkan pengelolaan aktivitas pembelajaran.

Pengembangan ZuG berangkat dari misi Zenius yang ingin meningkatkan kompetensi pendidikan Indonesia hingga ke tingkat global dan mewujudkan Indonesia yang lebih cerdas, cerah dan asyik. Melalui hubungan yang terus dijalin dengan para guru, Zenius memahami tantangan yang kerap dihadapi para guru, terlebih selama masa pandemi. Contohnya mencari bahan materi belajar yang menarik, membuat soal ujian yang cocok dengan tingkat kognitif dan pemahaman siswa serta menilai hasil pekerjaan siswa. Guru juga harus mendesain kegiatan belajar mengajar dengan menyenangkan, memotivasi dan mudah diterima meski tanpa bisa berinteraksi langsung dengan siswa.

Amanda P. Witdarmono, Chief of Teachers’ Initiative Zenius Education, mengatakan “Zenius untuk Guru” hadir sebagai platform co-creation untuk membantu guru melakukan pengajaran secara spesifik dalam membagikan materi pelajaran, memilah dan menugaskan soal serta mendapatkan analisis hasil pekerjaan siswa.

“Dengan sistem manajemen pembelajaran yang bisa diakses gratis, kami berharap guru-guru bisa memiliki waktu yang lebih banyak untuk melakukan hal yang mereka kuasai, meningkatkan interaksi pembelajaran yang berkualitas dengan siswa, sehingga siswa memiliki keterampilan literasi dan numerasi yang tinggi,” ujarnya.

Zenius telah membuka akses ZuG ke lebih dari 6.000 guru di Indonesia untuk mendapatkan masukan dan menyempurnakan platform ini lebih jauh.

“Masukan kami diimplementasikan dengan baik. Saya bisa membuat materi dan soal sendiri dengan lebih efisien, karena menggunakan materi dari Zenius sebagai basisnya. Kemudian, sistem penilaian otomatisnya benar-benar menghemat waktu. Saya bisa lebih fokus berinteraksi dengan siswa dan mendorong serta mengawasi kemajuan mereka,” ujar guru SMA Gajah Mada Bandar Lampung, Ervina Septiani, yang telah menggunakan ZuG.

ZuG juga memungkinkan para guru untuk menciptakan kelas daring, mengelola tenggat waktu pekerjaan rumah siswa hingga membagikan video konsep dari Zenius sebagai materi tambahan. Kelengkapan fitur ini disambut baik oleh guru maupun berbagai dinas pendidikan yang mengenal ZuG lewat sejumlah lokakarya mulai dari Bangka Belitung hingga Papua.

Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan, Professor Muhammad Jufri, mengatakan pihaknya berkomitmen membantu para guru memecahkan beragam kendala semasa pembelajaran jarak jauh (PJJ), salah satunya dengan menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk Zenius.

“ZuG akan segera terhubung dengan fitur kelas digital di platform E-Panrita, portal belajar daring yang dikembangkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Kami berharap sinergi ini dapat membawa manfaat bagi banyak guru dan siswa. Kami senang bisa menemukan mitra dengan misi yang sejalan, memajukan pendidikan Indonesia ke tingkat lebih tinggi,” ujarnya.

Penulis: Natalia Trijaji