Cantiknya Kebaya Encim; Dikenakan Saat Perayaan Imlek

Cantiknya Kebaya Encim; Dikenakan Saat Perayaan Imlek

Surabaya, kabarindo- Perayaan Tahun Baru Imlek tak hanya berkaitan dengan tradisi yang sudah mengakar di masyarakat selama berabad-abad, namun juga mengangkat kembali busana yang merupakan paduan adat Jawa dan Tionghoa yaitu Kebaya Encim.
 
Kebaya tersebut dulu dikenakan kaum perempuan Tionghoa terutama di Jawa. Keindahan Kebaya Encim ini dipamerkan dalam trunk show oleh Nabillah Embroidery milik Henny Hasyim di Hotel Majapahit Surabaya pada Senin (16/2/2015).
 
Henny adalah penulis buku Kebaya Encim dengan Bordir Klasik. Ia juga merancang kebaya ini sekaligus kolektor Kebaya Encim kuno. Henny tak segan berburu Kebaya Encim kuno ke berbagai kota termasuk di pesisir pantai utara seperti Tuban dan Lasem.
 
Ia menuturkan, ada empat era perkembangan kebaya. Semula adalah kebaya panjang yang panjangnya sampai ke lutut. Kebaya ini mendapat pengaruh dari Melayu yang dibawa para saudagar dari luar. Kemudian muncul era kebaya Biku yang berkembang menjadi kebaya renda. Selanjutnya muncullah Kebaya Encim yang pada zaman modern kini dimodifikasi dengan bordir sehingga makin cantik.
 
“Kebaya Encim memiliki ciri khas lebih panjang di bagian tengah depan, sedangkan di bagian belakang lebih pendek,” ujar Henny menjelaskan.
 
Ia menggunakan kain katun yang halus dan tipis untuk bahan Kebaya Encim rancangannya sehingga nyaman dikenakan. Kebaya ini cocok dikenakan saat menghadiri perayaan Imlek yang tahun ini merupakan tahun kambing kayu.
 
Dalam perayaan tersebut, Majapahit mengadakan Heritage Lunar New Year Prosperity Dinner di Sarkies Seafood Restaurant yang merupakan restoran specialties chinese food. Para pecinta Asian Food bisa mendapatkan beragam menu menarik yang disajikan hanya pada saat Imlek di antaranya Yu Sheng, salad khas Cina yang menggunakan bahan-bahan mentah dan segar sebagai makanan pembuka.
 
Yu Sheng merupakan menu yang wajib ada di setiap perayaan Imlek, karena warga Tionghoa percaya dengan menyantap Yu Sheng, mereka akan dilimpahi rezeki, kesejahteraan dan keselamatan.
 
Selain Yu Sheng, juga disajikan Braised Abalone Stuffed Minced Shrimp and served with Asparagus dan bermacam menu khas Oriental lainnya. Selain makanan berat, tamu juga bisa menikmati beragam Chinese snacks seperti Cumi Cumi Keju Rambutan, Udang Gulung Keju, Kuo Tiek, Lao Bak Gao dan Pangsit Udang Mayones.