DEN Gandeng UGM; Kembangkan Energi Ramah Lingkungan

DEN Gandeng UGM; Kembangkan Energi Ramah Lingkungan

Jakarta, Kabarindo-  Dewan Energi Nasional (DEN) menggandeng Universitas Gadjah Mada dan Badan Energi Swedia (Swedish Energy Agency) untuk pengembangan dan penggunanaan energi ramah lingkungan.

Kerja sama itu terwujud via skema Indonesia Sweden Initiative for Sustainable Energy Solution (Insists) yang diresmikan akhir pekan lalu di Yogyakarta.

Sekjen DEN Hadi Purnomo berpendapat akselerasi dalam hal energi baru terbarukan merupakan keniscayaan. Pemerintah sendiri, lewat DEN, telah menggariskan peningkatan pemanfaatan energi baru terbarukan minimal 23% di 2025. “Kalau tidak secepatnya dilakukan, ketersediaan energi di Indonesia akan habis,”ujar Hadi, dinukil dari laman energitoday.

Hadi mengaku pihaknya telah mencoba terobosan baru dengan teknologi generasi kedua untuk memproduksi bahan bakar nabati. Salah satu teknologinya ialah selulosa. Sebuah terobosan teknologi kedua yang bisa mengubah daun menjadi biodiesel tanpa merusak lingkungan.

Namun, ia mengakui penciptaan energi yang berasal dari sumber nabati bukan tanpa kendala. Soal lahan bisa menjadi faktor pengganjal.

Maka, ia berharap pemanfaatan teknologi generasi kedua hasil kerja sama dengan Insists, dapat meningkatkan efiseiensi dalam memproduksi bioenergi dengan lahan terbatas, sekaligus mengatasi dampak terhadap lingkungan.