Festival Langen Carito Tingkat Kabupaten Sleman; Jadi Kontingen Kecamatan Cangkringan Terbaik Pertama

Festival Langen Carito Tingkat Kabupaten Sleman; Jadi Kontingen Kecamatan Cangkringan Terbaik Pertama

SLEMAN, Kabarindo– Kontingen Kecamatan Cangkringan yang diwakili oleh SDN Glagaharjo yang membawakan lakon “Ajisoko” berhasil menjadi Penyaji Terbaik Pertama dalam Festival Langen Carito Tingkat Kabupaten Sleman Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman selama dua hari, Sabtu-Minggu 8-9 April 2017 di Parkir Utara Lapangan Denggung Sleman.
 
Kontingen Kecamatan Cangkringan berhasil menyingkirkan 16 kontingen kecamatan yang lain se Kabupaten Sleman dengan nilai 90. Menyusul sebagai Penyaji Terbaik Kedua kontingen Kecamatan Kalasan yang diwakili SDN Karangnongko 1 dengan lakon “Arya Penangsang” dengan nilai 89, Terbaik Ketiga kontingen Kecamatan Godean yang diwakili SDN Krajan dengan lakon “Bocah Lola” dengan nilai 88.
 
Sedangkan sebagai Juara Harapan Pertama kontingen Kecamatan Moyudan yang diwakili SDN Ngijon 1 dengan dengan lakon “Ajisoko” nilai 87, Juara Harapan Kedua kontingen Kecamatan Ngaglik yang diwakili SDN Selomulyo dengan lakon “Babad Alas” dengan nilai 86, dan Juara Harapan Ketiga kontingen Kecamatan Depok yang diwakili SD Budi Mulia 2 dengan lakon “Aji Soko” dengan nilai 84.
 
Dengaan demikian kontingen-kontingen yang menyandang kejuaraan tersebut berhak atas penghargaan yang berupa trophy, piagam dan uang pembinaan yang secara berturut-turut sebesar Rp.7.500.000,-, 6.000.000,-, 5.500.000,-, 4.000.000,-, 3.500.000,-, dan 3.000.000,-
 
Selain kejuaraan kelompok juga diambil empat ketrampilan terbaik yang meliputi pemeran putra terbaik 1 adalah pemeran Dewatacengkar dalam lakon “Ajosoko” dari kontingen Kecamatan Depok, pemeran putra terbaik 2 oleh pemeran Sutowijoyo dalam lakon “Ayo Penangsang” Kecamatan Kalasan, pemeran putra terbaik 3 adalah pemeran Ajosoko dalam lakon “Ajisoko” Kecamatan Gamping.
 
Sedangkan untuk pemeran putri terbaik 1 adalah pemeran Sanijah dalam lakon “Bocah Lola” dari Kecamatan Godean, pemeran putrid terbaik kedua adalah pemeran Biyung dalam lakon “Ajisoko” dari Kecamatan Ngemplak, dan pemeran putri terbaik 3 adalah pemeran Sanijah dalam lakon “Bocah Lola” Kecamatan Minggir.
 
Selain itu sebagai pengendang terbaik 1 dari Kecamatan Prambanan, pengendang terbaik 2 dari Kecamatan, pembonang terbaik 1 dari Kecamatan Gamping, pembonang terbaik 2 dari Kecamatan Cangkringan dan pembonang terbaik 3 dari Kecamatan Minggir.