Gelaran Pro JokoWi; Siap Pentas 16 Agustus Mendatang

Gelaran Pro JokoWi; Siap Pentas 16 Agustus Mendatang

Jakarta, Kabarindo- Barisan Relawan Jokowi Presiden 2014 (Bara JP) akan membuat sebuah pegelaran sandiwara dengan aktor kawakan Roy Marten sebagai bintang utama, dengan tema penculikan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Dalam sandiwara itu, Megawati diculik demi memproklamirkan Joko Widodo sebagai Capres dari PDI Perjuangan pada pemilu mendatang. Kejadiannya dibuat sebagai replika sejarah ketika pada 16 Agustus 1945, Pemoeda “menculik” Soekarno ke Rengas Dengkok, Karawang, demi memproklamirkan kemerdekaan.

Pegelaran itu akan dilakukan sebagai bagian dari pra-perayaan puncak HUT Kemerdekaan RI pada 16 Agustus 2013, pukul 09.00 WIB, di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat.

"Meski berbau parodi politik, namun kita-kira demikian isi sanubari masyarakat di seluruh Nusantara. Kami mengundang masyarakat luas menghadiri acara ini,” kata Roy Marten, Ketua DPP Bara JP, di Jakarta, Selasa (13/8).

Ketua Panitia Acara, Syafti Hidayat, mengatakan Relawan Jokowi memilih merayakan Hari Kemerdekaan Nasional dengan unik, sebagai media perjuangan untuk memuwujudkan perubahan.

“Ide dasar Relawan Jokowi adalah perubahan. Jadi kami bukan bermula dari fanatik Jokowi, tetapi perubahan melalui Jokowi,” ujar Syafti.

Menurut Syafti Hidayat, replika sejarah 1945 ke jaman sekarang dengan “menculik” Megawati, seharusnya dianggap menjadi simbol pernyataan semua warga melek politik, jadi bukan hanya Relawan. Sebab suka atau tidak, kini Megawati menjadi King Maker.

"Tokoh lain tak usah dengki atas posisi Megawati yang dengan mudah bisa menggerakkan barisan nasionalis yang menjadi pendukung Jokowi," imbuhnya.

Setelah pementasan, rencananya dilanjutkan orasi Roy Marten dan Muchtar Pakpahan, Ketua Umum Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) serta beberapa tokoh nasional.

Dalam mengusung Jokowi, SBSI bersatu dengan Relawan, Muchtar menjadi Ketua Bidang Perburuhan.

Ketua SBSI di ke-34 propinsi, ikut dalam kepengurusan tingkat wilayah. Ketua Forum Akademisi IT, Ketua Forum Penikmat Filsafat, akan bicara.

Bersamaan dengan HUT RI, Relawan juga mengadakan deklarasi di Pontianak, TMP Tangerang pada Sabtu (17/8), deklarasi di pinggir Kalimalang pada Minggu (25/8), dan di Medan pada 7 September mendatang seperti dilansir dari laman beritasatu.