Jamaah Haji Tiba Di Yogyakarta; Mulai 19 Oktober

Jamaah Haji Tiba Di Yogyakarta; Mulai 19 Oktober

Yogyakarta, Kabarindo- Jemaah haji asal DIY akan tiba kembali ke Tanah Air pada 19 hingga 21 Oktober setelah sekitar 40 hari menjalankan ibadah di Tanah Suci.

"Jamaah haji asal DIY termasuk jamaah yang diberangkatkan awal, sehingga dijadwalkan sudah tiba kembali ke Tanah Air mulai 19 Oktober," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementarian Agama DIY Nuruddin di Yogyakarta, Selasa.

Berdasarkan jadwal kepulangan jamaah haji yang diterima Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, kelompok terbang 23, 24 dan 25 akan tiba di DIY pada 19 Oktober diikuti kelompok terbang 26 pada 20 Oktober dan kelompok terbang 27, 28 dan 29 tiba pada 21 Oktober.

Selain itu, terdapat enam anggota jamaah haji asal DIY yang tergabung dalam kelompok terbang terakhir yaitu kelompok terbang 71. Keenam haji tersebut diperkirakan tiba di DIY pada 8 November.

Jamaah haji asal DIY yang diberangkatkan ke Tanah Suci tercatat sebanyak 2.471 orang ditambah 34 petugas haji. "Ada empat yang meninggal dunia, yaitu dua dari Kabupaten Sleman serta masing-masing satu dari Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo," katanya.

Nuruddin mengatakan, jamaah haji asal DIY rata-rata memilih melakukan nafar awal sebagai bagian untuk menyelesaikan ritual ibadah haji, sehingga sudah ada beberapa jamaah yang kembali ke pemondokan untuk mempersiapkan kepulangan ke Tanah Air.

"Secara umum, pelaksanaan ibadah haji tahun ini berjalan dengan lancar. Hanya saja, ada sedikit evaluasi untuk pemondokan saat jamaah berada di Madinah," katanya.

Nuruddin menyebut, ada dua kelompok terbang yang memperoleh pemondokan dengan lokasi yang cukup jauh dari lokasi ibadah atau tidak sesuai dengan harapan awal.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Sigit Warsita mengatakan, seorang anggota jamaah haji yang meninggal dunia berasal dari Kauman.

"Jamaah yang meninggal dunia atas nama Siti. Keberangkatannya pun sempat ditunda karena beliau sakit," katanya.

Sedangkan jamaah haji asal Kota Yogyakarta diperkirakan tiba di Donohudan pada 19 Oktober malam dan 20 Oktober dinihari.

"Dari informasi yang kami peroleh, jamaah haji asal Kota Yogyakarta dalam kondisi sehat dan siap untuk dipulangkan," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.