Komunitas Earth Hour Surabaya; Gelar Green LeGo

Komunitas Earth Hour Surabaya; Gelar Green LeGo

Surabaya, Kabarindo- Memperingati Hari Lingkungan Hidup Indonesia yang jatuh pada Minggu (10/1/2016), komunitas Earth Hour Surabaya kembali mengadakan aksi bertajuk Green LeGo (Green Lifesytle Generation) di Taman Flora atau Kebun Bibit Surabaya.

Menurut Yenni Dwi Kurniawaty dari komunitas Earth Hour Surabaya, tujuan aksi tersebut untuk mengedukasi dan mengajak generasi muda, khususnya anak-anak, agar lebih mengenal dan peduli terhadap lingkungan. Aksi ini dikemas dengan permainan-permainan menarik yang disukai anak-anak. Sambil bermain, mereka dapat belajar melalui edukasi tentang lingkungan.
“Tujuan kegiatan tersebut menumbuhkan rasa kepedulian dan mengajak generasi muda untuk peduli dengan lingkungan sekitar mereka dengan bergaya hidup hijau (ramah lingkungan). Kami mengajak anak-anak yang berada di sekitar tempat aksi untuk ikut serta bermain pada aksi Green LeGo,” ujarnya.
 
Ia menjelaskan, dalam kegiatan tersebut diadakan 3 macam permainan yaitu ular tangga, puzzle dan membuat kreasi.
 
Pada permainan ular tangga, peserta akan diberikan edukasi tentang lingkungan (hemat tisu & kertas, membawa bekal dan tumbler sendiri, diet plastik, tidak menyakiti hewan, membuang sampah di tempatnya dan transportasi publik) di petak-petak yang telah ditentukan.
 
Pada permainan puzzle, peserta akan menyusun potongan-potongan gambar dari gambar seputar lingkungan yang benar. Kreativitas peserta di uji dan mereka harus selesai sesuai dengan alokasi waktu yang diberikan.
 
Sedangkan permainan kreasi mengajarkan peserta bagaimana memanfaatkan barang-barang bekas untuk dapat digunakan kembali, misalnya barang-barang bekas seperti botol shampoo dan botol air mineral yang dapat disulap menjadi tempat pensil.
 
“Aksi Green LeGo ini diharapkan bisa menumbuhkan rasa kepedulian generasi muda terhadap lingkungan sekitar dan mengubah gaya hidup mereka menjadi lebih ramah lingkungan. Kita wajib menjaga dan melestarikan lingkungan hidup untuk generasi-generasi yang akan datang,” ujar Yenni.