Lapan Sukses; Luncurkan Roket Riset

Lapan Sukses; Luncurkan Roket Riset

Jakarta, Kabarindo- Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) sukses meluncurkan uji terbang roket riset yang nantinya dipersiapkan sebagai Roket Pengorbit Satelit (RPS) di masa mendatang.

Kepala Lapan Thomas Djamaluddin mengatakan Lapan saat ini melakukan penelitian roket untuk pengembangan RPS yang diawali melalui pengembangan tahapan roket sonda yang membawa muatan sensor penelitian.

Uji coba terbang roket riset ini pun sudah dilakukan baru-baru ini di Balai Produksi dan Pengujian Roket Lapan Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat.

"Roket berdiameter 100 milimeter ini sudah diujicobakan dan diberi muatan. Roket Sonda ini untuk pengukuran parameter atmosfer," katanya di Jakarta, Selasa (2/9).

Thomas menambahkan tahapan uji coba ini masih perlu disempurnakan lagi. Selain itu, kata dia, Lapan juga menguji roket yang lebih besar lagi berdiameter 32 centimeter dan berhasil dengan mulus. Di samping itu Lapan juga sudah mengembangkan roket berdiameter 45 centimeter dan masih dalam tahap uji statik.

"Uji terbang Roket Sonda atau RX100. RX320 meluncur dengan baik. Untuk uji roket statik untuk mengetahui pembakaran, daya tahan tabung dan titik sembur roket. Semuanya ini berhasil," ucapnya.

Ia berharap Lapan bisa terus mengembangkan roket-roket hingga menjadi RPS. Meski disadari untuk mencapai ke arah itu butuh proses panjang seperti dilansir dari laman beritasatu.