PT.Perusahaan Perdagangan Indonesia; Rilis Logo Baru.

PT.Perusahaan Perdagangan Indonesia; Rilis Logo Baru.

Abdul Muis, Jakarta, Kabarindo- Dalam menjawab tantangan globalisasi dan sekaligus memunculkan semangat baru.

PT.Perusahaan Indonesia (Persero) disingkat PT.PPI, hari ini 30 Juli 2015 di Graha PPI
meluncurkan logo barunya.

PT.PPI adalah merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang perdagangan yang telah berdiri sejak 2003, PPI sendiri berdiri dari hasil merger dengan tiga perusahaan niaga dan menjadi satu-satunya BUMN bidang perdagangan yang dimiliki Indonesia. Dengan semangat baru, diharapkan dapat membawa motivasi baru yang lebih energik dan fleksible dalam melakukan bisnis perusahaan.

"Logo baru ini adalah hasil karya para pegawai PPI, dengan dana kurang lebih 10 juta, pegawai PPI berlomba mendesain logo PPI terbaru ini", tutur Dayu Padmara Rengganis, Direktur Utama PT.Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), pada acara peluncuran logo pagi ini, pukul 07.30 WIB di Graha PPI, Abdul Muis, Jakarta.

Dalam logo ini, terdapat perpaduan warna orange dan biru, yang masing-masing warna mempunyai arti, dan PPI mampu melakukan terobosan -terobosan baru. Untuk warna orange sendiri memiliki arti yang dinamis dan bijaksana, sementara warna biru melambangkan sikap percaya diri, mandiri, teknologi dan tanggung jawab. Simbol P sendiri menunjukkan logo PPI sebagai perusahaan perdagangan terpercaya di Indonesia.

Selama hampir 12 tahun perseroan memang belum mampu memberikan kontribusi secara optimal bagi bangsa Indonesia, namun semangat kerja keras tetap dilakukan untuk terus menjadi lebih baik, apalagi setelah ditunjuknya PPI sebagai penyangga stock nasional dan stabilisator gula. Sehingga PPI, terus bersemangat dan maju serta bertumbuh dan berkembang menjadi salah satu BUMN terkemuka di Indonesia, jelas lanjut Dayu Padmara Rengganis di sesi diskusi BUMN Marketeers CLUB pada kesempatan yang sama dengan tema
"Transformation Through Creative Compliance" di acara peluncuran logo PPI di lantai 2 Graha PPI.
Dengan logo baru ini, langkah yang dilakukan adalah melakukan perubahan struktur organisasi perusahaan agar menjadi lebih baik dan fokus pada tujuan utama sebagai perusahaan perdagangan, dengan perdagangan utamanya yaitu bahan kimia, hortikultura dan produk-produk pertanian dan perikanan yang khas di Indonesia. Jika sebelumnya bisnis reguler PPI adalah perdagangan produk, maka saat ini PPI mulai tertarik dan melirik pada bisnis optimalisasi asset, karena tidak mungkin PPI akan memiliki kinerja yang eksponen, bila masih terpaku pada bisnis konvensional", ujar Dayu.

Disamping itu, perlu diketahui bahwa PPI, mempunyai tujuan melakukan usaha di bidang perdagangan pada umumnya, serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang dimiliki perseroan, untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat untuk mendapatkan keuntungan guna meningkatkan nilai perseroan dengan menerapkan prinsip-prinsip perseroan terbatas yang fleksible namun tetap comply.

Selain itu, PT.PPI juga akan melakukan ekspansi bisnis, seperti salah satunya sedang mengembangkan usaha pengembangan biogas di Riau, dimana potensi energi terbarukan biogas ini menjadi perhatian pemerintah saat ini dalam menghadapi ancaman krisis energi di masa yang akan datang.

Sebagai gambaran target penjualan PPI tahun 2015 ini sekitar Rp.2,2 triliun atau naik sekitar 80% dari realisasi tahun 2014 yaitu sebesar 1,2 triliun dan laba bersih diperkirakan mencapai Rp.17,5 miliar jika dibandingkan tahun lalu yang minus sebesar Rp.37,5 miliar.

"Dan diharapkan PPI, dengan semangat baru dan logo baru ini, kedepan dapat terus maju dan bertumbuh menjadi perusahaan perdagangan yang terpercaya di Indonesia", tutup Dayu.