Wayang Golek; Siap Eksis Di HUT Kota Jayapura

Wayang Golek; Siap Eksis Di HUT Kota Jayapura

Jayapura, Kabarindo- Wali Kota Jayapura, Benhur Tommy Mano.

Ia ingin menghadirkan pergelaran wayang golek asal Sunda, Jawa Barat, pada acara puncak perayaan HUT Kota Jayapura, Papua pada 7 Maret 2016.

"Kalau bisa pergelaran wayang golek ikut memeriahkan HUT Kota ini pada 7 Maret nanti," kata pria yang akrab disapa BTM ini di Jayapura, Senin (8/2).

Menurut dia, pergelaran wayang golek semalam suntuk yang diprakarsasi pengurus Sunda Ngumbara Papua pada Sabtu (6/2) hingga Minggu (7/2) di halaman PTC Entrop, Kota Jayapura, merupakan salah satu pertunjukan budaya bangsa yang patut diperkenalkan agar warga setempat bisa mengenal. "Wayang golek merupakan salah satu budaya bangsa yang kita miliki. Budaya yang patut kita tahu dan paham," katanya.

Menurut dia, Jayapura merupakan kota yang penuh dengan berbagai macam suku bangsa dari sejumlah daerah. "Seluruh suku apa saja, boleh tinggal di kota ini, tapi jangan lupa adat istiadatnya, jangan melupakan jati dirinya," katanya.

Mengenai keberadaan paguyuban Sunda Ngumbara Papua, BTM yang juga ketua umum Persipura Jayapura itu memberikan apresiasi karena turut serta membangun daerah tersebut. "Orang Sunda ikut berikan kontribusi dalam pembangunan di kota ini, Kota Jayapura. Saya juga mengajak agar orang Sunda untuk mendukung program pemerintah daerah," kata BTM.

Sementara itu, salah satu pengurus Sunda Ngumbara Papua, Nunung Kusmiyati menyambut baik keinginan orang nomor satu di Pemerintah Kota Jayapura itu. "Kami berterima kasih, karena Pak BTM bisa hadir dalam acara pertunjukan wayang golek semalam suntuk. Soal keinginan menampilkan wayang golek pada HUT Kota Jayapura, itu akan kami bicarakan lagi," kata Nunung yang wartawati sebuah harian lokal di Jayapura.

Sebelumnya, pada Sabtu hingga Minggu dini hari, paguyuban Sunda Ngumbara Papua menggelar pertunjukan wayang golek semalam suntuk di halaman PTC Entrop, Kota Jayapura, dengan lakon 'Prabu Jaya Loka', dalang Acep Hidayat S.Sn dari Sanggar Seni Gapura Mas Sukabumi, Jawa Barat. Pada momentum itu, BTM juga turut hadir dan memberikan sambutan sebelum acara tersebut mulai serta menari jaipong di sela-sela acara seperti dilansir dari laman beritasatu.