Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Equilibrium; Tampilkan Karya Empat Perupa Jawa Timur di House of Sampoerna

Equilibrium; Tampilkan Karya Empat Perupa Jawa Timur di House of Sampoerna

Berita Utama | Kamis, 24 Januari 2019 | 16:12 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Equilibrium; Tampilkan Karya Empat Perupa Jawa Timur di House of Sampoerna

Equilibrium; Tampilkan Karya Empat Perupa Jawa Timur di House of Sampoerna

Pamerkan 25 karya seni lukis dari Agus Salim, Catur Hengki Koesworo, Edie Supriyanto dan Zainul Qusta

Surabaya, Kabarindo- Jati diri memiliki arti penting bagi seniman. Refleksi hasrat internal yang dibentuk oleh budaya dan lingkungan ini berpengaruh terhadap penciptaan karya, sehingga ciri khas yang kemudian lahir menjadi label pembeda antara satu seniman dengan lainnya. Karena itu, pencarian identitas yang mempunyai andil besar terhadap kesuksesan seniman menjadi tuntutan dan wajib dilakukan.

Gambaran perjalanan yang ditempuh oleh empat perupa asal Jawa Timur yaitu Agus Salim, Catur Hengki Koesworo, Edie Supriyanto dan Zainul Qusta dihadirkan pada pameran 25 karya seni lukis yang bertajuk Equilibrium di Galeri Paviliun HoS selama 18 Januari-9 Februari 2019.

“Equilibrium” bagi keempat seniman tersebut dianalogikan sebagai titik nol atau awal dimana mereka berangkat memulai pencarian jati diri dalam berkesenian hingga akhirnya diwujudkan ke dalam sebuah konten visual yang mewakili karakter masing-masing. Dalam perjalanannya, Agus Salim menemukan dirinya memiliki perhatian besar terhadap hubungan antar alam dan manusia. Bentuk kritikan yang lahir dari keprihatinannya, dituangkan dalam karya bergaya naturalis menggunakan pendekatan ilustratif seolah menyiratkan dialog antara dua dan tiga dimensional.

Menyampaikan kritik yang sama, Zainul Qusta memvisualisasikan pesannya dalam wujud bidang-bidang yang berbentuk tak tentu dengan bahasa yang ambigu, namun tetap menarik untuk diulas. Berbeda dengan keduanya, Edie Supriyanto membungkus objek utama pada karya-karyanya ke dalam karakter wayang dengan tambahan latar khas ilustrasi Indonesia yang filosofis. Sementara keseluruhan karya Catur Hengki Koesworo merupakan gambaran dari fenomena-fenomena yang tengah terjadi dan menggejala di Indonesia, kemudian olehnya divisualkan ke dalam karya seni bergaya ilustratif yang menarik.

Pada akhirnya, seni menjadi sarana kontemplasi bagi seniman dalam berkarya. Dengan pendekatan tertentu yang diyakini, empat seniman ini mengungkapkan kegelisahan mereka dan menerjemahkannya ke dalam wujud karya seni.

Jika dihubungkan dengan karya-karya pada pameran ini, seniman mencoba menyaring gejolak diri mereka melalui nilai dan norma yang berlaku, kemudian disampaikan kepada apresiator. Jadi pameran Equilibrium ini bukan hanya soal memajang karya dan mengeksplorasi ide seniman, tapi lebih dari itu. Pengunjung (publik) dapat mengawal dari awal keterbacaan karya dengan pengalaman yang mereka rasakan, lalu bebas memproduksi tafsir maknawinya dalam pameran ini,” ujar Kurator Pameran, Athian.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER