Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Fintech Lending Bantu Jaga Produktivitas; Dukung Anjuran Social Distancing

Fintech Lending Bantu Jaga Produktivitas; Dukung Anjuran Social Distancing

Ekonomi & Bisnis | Minggu, 29 Maret 2020 | 17:12 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Fintech Lending Bantu Jaga Produktivitas; Dukung Anjuran Social Distancing

Fintech Lending Bantu Jaga Produktivitas; Dukung Anjuran Social Distancing

Melalui kemampuan teknologi dan kecerdasan buatan, masyarakat tidak perlu tatap muka untuk bertransaksi

Surabaya, Kabarindo- Guna mencegah penyebaran virus COVID-19, pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan social distancing. Untuk menjaga produktivitas pada masa sulit ini, masyarakat bisa menggunakan platform fintech untuk berbelanja online atau memenuhi kebutuhan sehari-hari secara cashless.

“Teknologi keuangan dapat berperan penting untuk membantu masyarakat saat situasi sulit ini. Melalui kemampuan teknologi dan kecerdasan buatan, masyarakat tidak perlu tatap muka untuk melakukan transaksi, sehingga produktivitas dapat terus terjaga dan bisnis serta roda perekonomian pun bisa terus berputar. Kelebihan tersebut membuat industri ini cenderung stabil.” ujar Alie Tan, CEO Kredivo Indonesia.

Kondisi masyarakat yang lebih banyak beraktivitas di rumah bisa dimanfaatkan untuk belajar mengelola keuangan dengan lebih baik. Pihaknya sebagai pelaku fintech lending mengajak masyarakat agar semakin cerdas dalam memanfaatkan teknologi keuangan yang diiringi dengan kemampuan mengelola keuangan secara sehat dan bijak.

Menurut Alie, terdapat 5 manfaat seputar keuangan yang didapat selama beraktivitas di rumah

Manfaatkan momen beraktivitas dari rumah untuk tetap berhemat

Beraktivitas dari rumah membuat dapat menghemat pengeluaran yang biasanya dikeluarkan jika beraktivitas di luar rumah. Misalnya tidak mengeluarkan ongkos transportasi, menghemat biaya makan siang dengan makan masakan rumah, menghemat pengeluaran untuk bersosialisasi bersama kolega di kafe dan sebagainya. Beraktivitas dari rumah justru membuat anda dapat menabung, sehingga uangnya dapat digunakan untuk bucket list anda berikutnya.

Waktunya mengulas catatan keuangan selama 3 bulan terakhir

Waktu luang yang tersedia saat beraktivitas di rumah bisa menjadi saat yang tepat untuk mengevaluasi pengeluaran selama 3 bulan terakhir. Anda bisa menganalisis apakah pengeluaran anda berlebihan atau sudah seimbang dengan pemasukan. Ulasan catatan keuangan ini juga bisa jadi refleksi bagi anda untuk berhemat ke depannya. Evaluasi ini sebaiknya dilakukan secara rutin setiap 2-3 bulan sekali.

Belajar dan alokasikan sebagian uang untuk investasi

Walau saat ini iklim investasi sedang tidak kondusif, namun anda dapat mulai belajar tentang investasi untuk diterapkan saat iklim investasi sudah kembali normal. Investasi merupakan hal penting bagi masa depan anda. Dengan mengalokasikan sebagian penghasilan untuk investasi, maka dapat menjadi jaminan ketidakpastian masa depan serta mengajak anda untuk belajar bagaimana mengelola keuangan secara disiplin dan cerdas. Investasi juga dapat digunakan untuk mewujudkan impian anda.

Punya banyak waktu luang, jangan malah jadi konsumtif. Tetaplah jaga cashflow secara sehat dengan menetapkan target pengeluaran dan pemasukan setiap periodenya. Mungkin banyak dari anda yang memanfaatkan waktu luang dengan scrolling platform belanja online untuk melihat koleksi terbaru atau mencari barang incaran. Jangan terlena, Anda harus tetap menargetkan pengeluaran sesuai dengan kebutuhan dan pemasukan, sehingga cashflow dapat terjaga secara sehat. Target ini juga bisa anda buat dengan cara menyusun perencanaan pengeluaran apa saja yang harus dibutuhkan selama beraktivitas di rumah ini, bahkan bisa mencakup rencana selama beberapa bulan ke depan. Mengelola keuangan secara disiplin dapat mengasah anda untuk mengatur dan mengelola keuangan secara sehat.

Terhindar dari pemakaian uang kertas berlebihan

Uang kertas memiliki risiko tinggi sebagai sumber penyebaran virus dan bakteri. Untuk itu, peran teknologi keuangan mampu mencegah masyarakat bersentuhan langsung dengan uang kertas. Masyarakat dapat bertransaksi dari rumah dengan memanfaatkan kehadiran fintech.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER