Indosat Ooredoo; Dukung Work From Home dan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi

Indosat Ooredoo; Dukung Work From Home dan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi

Indosat Ooredoo; Dukung Work From Home dan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi

Berikan solusi 3-in-1 untuk korporat, diskon hingga 30% paket internet untuk WFH serta bantuan kuota data internet untuk siswa, mahasiswa, guru dan dosen

Surabaya, Kabarindo- Pandemi Covid-19 telah mengubah cara masyarakat dalam menjalani aktivitas sehari-hari, termasuk dalam bekerja dan kegiatan belajar mengajar.

Masyarakat dituntut untuk beradaptasi dengan transformasi digital secara cepat. Banyak orang yang beralih dari bekerja di kantor menjadi bekerja dari rumah atau work from home (WFH), sementara para siswa dan mahasiswa belajar secara daring atau mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Bagi perusahaan, pandemi berdampak terhadap pengelolaan perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Perusahaan perlu beradaptasi dengan transformasi digital secara cepat dalam aktivitas bekerja, rapat/pertemuan atau berkolaborasi dengan semua pemangku kepentingan di internal maupun eksternal perusahaan.

Mengusung kampanye #StayHomeStayConnected, Indosat Ooredoo berkomitmen mendukung cara hidup digital agar tetap produktif selama pandemi serta berperan dalam membantu pelanggan, komunitas dan karyawan untuk lebih kuat menghadapinya.

Di bidang pendidikan, siswa maupun orang tua mereka, mahasiswa, guru dan dosen harus bersinergi agar PJJ dapat berjalan lancar dan memberikan kemajuan dalam pelajaran. Untuk itu dibutuhkan sarana yang menunjang, baik dari sisi perangkat, layanan internet maupun kuota data.

Solusi 3-in-1 “iDo Voice” dan diskon paket internet hingga 30%

Menyadari kebutuhan tersebut, Indosat Ooredoo melalui Indosat Ooredoo Business, menawarkan solusi “iDo Voice” yang terdiri dari 3 layanan baru dari layanan voice untuk pelanggan korporasi yaitu Cloud Voice Pro, Servoice dan Microsoft 365 Voice Business.

Ketiga solusi tersebut bertujuan menjawab kebutuhan pelanggan korporat pada masa pandemi. Korporasi tetap dapat memfasilitasi karyawan untuk terus terhubung, menjalankan bisnis dengan lebih efisien dan menjaga para pelanggannya tanpa terikat waktu dan tempat.

Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Bayu Hanantasena, mengatakan Indosat Ooredoo berkomitmen untuk terus mendukung pemerintah, masyarakat dan pelaku usaha dalam situasi sulit saat ini. Untuk itu, Indosat Ooredoo menawarkan solusi yang relevan dengan kebutuhan tersebut.

“Kami menjadi salah satu perusahaan pertama yang memberikan layanan digital yang sudah terintegrasi dengan layanan SIP trunk, sehingga mempermudah perusahaan untuk melakukan transformasi digital dan memberikan kenyamanan kepada perusahaan untuk berfokus pada bisnis inti perusahaan, efisiensi biaya dan tetap terhubung dengan pelanggan mereka,” ujarnya.

Bayu menjelaskan, Cloud Voice Pro adalah layanan voice berbasis cloud yang dapat memberikan kenyamanan berkomunikasi kepada korporasi yang memiliki banyak pegawai. Ini memungkinkan para pegawai dapat terhubung dengan menggunakan nomor telepon kantor kapanpun, di manapun dan menggunakan jaringan apapun baik itu jaringan operator selular maupun jaringan WiFi. Cloud Voice Pro memberikan layanan dan fitur lengkap dari Cloud Collaboration, Cloud Call Center dan Cloud Conference (audio & video).

Servoice memberikan kemudahan kepada pelanggan korporasi untuk tetap dekat dengan pelanggannya (end user). Pelanggan korporasi tetap dapat melakukan kampanye produk dengan layanan voice broadcast yang memberikan keamanan dan kemudahan dalam mengirimkan pesan kepada end user, layanan voice masking yang memberikan keamanan kepada pelanggan untuk tetap terhubung dengan penyedia layanan seperti layanan ride hailing, ecommerce, layanan voice OTP (One time password) yang memberikan keamanan dalam bertransaksi perbankan dan ecommerce menggunakan suara ketimbang SMS.

Microsoft 365 Voice Business sendiri merupakan jawaban atas tantangan kolaborasi selama masa pandemi dan pasca pandemi. Dengan kolaborasi antara produk yang ada saat ini, SIP trunk dan Microsoft teams, karyawan dapat selalu terkoneksi dengan perusahaan melalui layanan Microsoft teams dan melakukan panggilan keluar kantor dengan menggunakan SIP trunk Indosat Ooredoo Business.

“Kemudahan dalam melakukan panggilan keluar kantor semudah menekan tombol ponsel serta terkoneksi secara cepat dan aman. Suara yang dihasilkan jernih dan dapat menggunakan jaringan seluler apapun maupun menggunakan jaringan WiFi,” terangnya.

Sementara untuk memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan selama WFH, IM3 Ooredoo memberikan diskon hingga 30% untuk beberapa paket internet yang tersedia di myIM3 atau di *123*52#. Pelanggan bisa menikmati kuota hingga 50GB yang dapat digunakan selama 30 hari dan dilengkapi dengan benefit Pulsa Safe yang menjaga agar pulsa pengguna tidak terpotong saat kuota habis.

Program bantuan kuota data internet

Sejak awal pandemi, Indosat Ooredoo telah menghadirkan beberapa program yang berlangsung hingga saat ini dan masih terus mengembangkan beberapa program lainnya untuk mendukung PJJ.

Indosat Ooredoo mendukung penuh program bantuan kuota data internet dari pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Dukungan ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia yang diimplementasikan pada sektor pendidikan.

“Kami mendukung masyarakat dan pemerintah dalam menghadapi masa pandemi, salah satunya melalui program Bantuan Kuota Data Internet tahap II dari pemerintah kepada siswa, mahasiswa, guru dan dosen. Hal ini juga sebagai komitmen kami untuk mempercepat transformasi digital Indonesia,” ujar Vikram Sinha, Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo.

Ia menjelaskan, besaran bantuan kuota data internet berupa 100% kuota utama akan didapatkan oleh pengguna IM3 Ooredoo sesuai dengan jenjang pendidikannya dan diharapkan dapat membantu akses informasi saat pembelajaran daring. Untuk PAUD, akan mendapatkan kuota 7GB dan untuk siswa memperoleh kuota 10GB. Sementara untuk guru, mendapat kuota 12GB, serta kuota 15GB untuk jenjang mahasiswa dan dosen.

Kuota utama yang diperoleh dapat digunakan kapan saja dan dimana saja selama 24 jam untuk mengakses internet, berbagai platform dan aplikasi belajar online seperti Zoom, Microsoft Teams, Google Classroom, Sekolahmu, Ruangguru, Zenius dan lainnya serta ke lebih dari 300 portal pendidikan. Pengguna IM3 Ooredoo juga tidak perlu khawatir saat kuota habis, karena bantuan kuota data internet ini dilengkapi dengan benefit Pulsa Safe. Selain itu, pengguna IM3 Ooredoo bisa membeli paket internet lainnya yang dapat berjalan bersamaan dengan kuota bantuan PJJ untuk akses internet yang lebih besar.

Indosat Ooredoo mengimbau para pengajar dan pelajar yang berhak mendapatkan bantuan kuota tersebut untuk mendaftarkan nomor IM3 Ooredoo mereka ke sistem Dapodik sekolah atau kampus masing-masing, serta memastikan nomor tersebut selalu dalam keadaan aktif.

Untuk mendukung kelancaran program tersebut, Indosat Ooredoo telah memastikan peningkatan kualitas jaringan 4G di seluruh Indonesia, sehingga dapat membantu kelancaran proses belajar dan mengajar secara online dengan lebih baik lagi.

Indosat Ooredoo terus memperluas jaringan berkualitas video guna memberikan pengalaman digital terbaik bagi para pelanggan, dilengkapi dengan produk yang relevan dan simpel. Indosat Ooredoo memiliki platform API Gift Data untuk mempercepat pendistribusian bantuan kuota internet dari Kemendikbud yang telah digunakan sejak tahap pertama pada 2020 lalu.

Sediakan layanan internet dan paket data yang terjangkau

Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Bayu Hanantasena, menambahkan Indosat Ooredoo berkomitmen untuk terus mendukung program PJJ dengan menyediakan layanan internet dan paket data yang terjangkau. Pihaknya juga membangun ekositem pembelajaran daring yang efektif terutama pada masa pandemi ini.

“Kami akan terus mendukung percepatan digitalisasi di berbagai sektor penting, termasuk sektor pendidikan,” ujarnya.

Indosat Ooredoo telah menjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam penyediaan kuota khusus untuk PPJ bagi mahasiswa dan pengajar. Indosat Ooredoo juga bekerja sama dengan Kementerian Agama RI dan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta sebagai bentuk kepedulian dalam memberikan kemudahan konektivitas pembelajaran daring.

Sejak awal pandemi, Indosat Ooredoo telah berinisiatif memberikan program yang membantu proses pendidikan tersebut. Yaitu program peningkatan bandwidth sebesar 20% yang diberikan kepada 56 universitas serta membuka akses ke lebih dari 200 universitas ternama di Indonesia. Ada pula program Bantuan Data Internet Agar Seru Belajar Daring (Biar Rajin) yang menyediakan paket data internet gratis untuk 15.609 siswa SD dan SMP di kota Mojokerto.

Selain itu, Indosat Ooredoo menyediakan layanan-layanan telekomunikasi pendidikan yaitu Paket IMClass dan Paket Pro Freedom Apps: Pada Paket IMClass, pelajar bisa memanfaatkan paket pintar sebesar 30GB untuk belajar online dan akses ke platform belajar online terpopuler di Asia Tenggara, RuangGuru, Quipper, Sekolahmu.com dan Rumah Belajar. IMClass juga memberikan bebas akses ke lebih dari 300 platform e-Learning dan situs resmi dari universitas-universitas di Indonesia. Sedangkan Paket Pro Freedom Apps untuk berpartisipasi dalam kelas online tanpa khawatir kuota dengan gratis akses ke Cisco Webex, Zoom dan Microsoft Teams.

“Dalam kondisi apapun, kita harus memastikan anak-anak dan generasi muda kita tetap mendapatkan haknya untuk dapat belajar dengan baik dan lancar,” ujar Sinha.

Penulis: Natalia Trijaji