Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > Indosat Ooredoo Perluas Layanan 5G ke Surabaya; Dorong Inovasi & Pemberdayaan Talenta Digital Lokal

Indosat Ooredoo Perluas Layanan 5G ke Surabaya; Dorong Inovasi & Pemberdayaan Talenta Digital Lokal

Iptek | Kamis, 16 September 2021 | 19:32 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Indosat Ooredoo Perluas Layanan 5G ke Surabaya; Dorong Inovasi & Pemberdayaan Talenta Digital Lokal

Indosat Ooredoo Perluas Layanan 5G ke Surabaya; Dorong Inovasi & Pemberdayaan Talenta Digital Lokal

Gandeng Nokia, ITS dan Universitas Oulu Finlandia luncurkan Nokia 5G Experience Center

Surabaya, Kabarindo- Indosat Ooredoo meluncurkan layanan 5G komersial di Surabaya menyusul peluncuran di Solo dan Jakarta sebelumnya. Acara berlangsung di Robotic Hall ITS pada Kamis (16/9/2021).

President Director and CEO of Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama, mengatakan peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di Surabaya sejalan dengan komitmen pihaknya untuk menjadi yang terdepan dalam revolusi 5G di Indonesia. Teknologi ini akan membantu membuka banyak peluang bagi pendidikan, masyarakat dan ekonomi daerah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno, mengatakan layanan 5G akan mempercepat transformasi Indonesia menjadi bangsa digital. Ia berharap masyarakat dapat memanfaatkan teknologi 5G untuk membangkitkan industri pariwisata dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif yang akan berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja dan perkembangan ekonomi digital Indonesia.

President Director Nokia Indonesia, KP Goh, mengatakan layanan 5G akan memunculkan berbagai use case unik yang menawarkan potensi untuk merevolusi industri, layanan publik, dunia mode dan sektor kesehatan di Surabaya serta memenuhi pertumbuhan permintaan konten digital dan layanan hiburan melalui jaringan seluler.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menambahkan Jatim memiliki visi Jatim Interconnected yang artinya satu data Jatim bisa dipenuhi oleh teknologi 5G. Ia berharap, hadirnya 5G dari Indosat Ooredoo bisa mempercepat layanan bagi kemakmuran masyarakat.

Bertepatan dengan peluncuran layanan 5G ini, dibuka Nokia 5G Experience Center di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melalui kemitraan dengan Nokia, ITS dan Universitas Oulu Finlandia. Fasilitas ini akan fokus menyediakan pendidikan, pengembangan dan kemampuan pengujian di bidang 5G guna memperkuat talenta digital lokal, mempercepat pengembangan konten dan use case 5G local serta mendorong pembangunan ekonomi dengan memanfaatkan keunggulan teknologi 5G.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, mengatakan inovasi di bidang teknologi harus sejalan dengan cita-cita Merdeka Belajar, yaitu perbaikan sistem pendidikan Indonesia. Menurut ia, terobosan ini akan membantu meningkatkan kualitas pendidikan tinggi serta mendorong digitalisasi kampus-kampus di Indonesia.

“Inisiatif ini sejalan program Kampus Merdeka, bahwa kerja sama antara perguruan tinggi dengan mitra industri dan usaha akan menghasilkan terobosan yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Rektor ITS, Mochamad Ashari, berharap fasilitas 5G Experience Center akan membantu mengembangkan bakat talenta digital muda dan membuka peluang untuk inovasi 5G guna menciptakan berbagai use case baru yang dapat mendukung dan mendorong pemulihan

5G Experience Center akan menjadi katalisator pengembangan ekosistem 5G di Indonesia dengan terbentuknya Forum 5-IONE (5G - Indonesia Institution of Innovation ITS Indosat Oulu Nokia Ecosystem). Forum ini telah berhasil membuat dua program percontohan di Jatim untuk pembuatan use case 5G dengan cetak biru untuk konseptualisasi serta pengembangan Smart City & Smart Corridor untuk Surabaya & Kabupaten Jember.

Terciptanya program 5-IONE akan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan generasi muda dan mahasiswa ITS dalam memberikan akses terhadap fasilitas dan komunitas penelitian dan pengembangan global, menyediakan program sertifikasi untuk menjadi authorized ahli 5G profesional, serta menyediakan saluran untuk pengembangan karir dan kewirausahaan global. Indosat Ooredoo juga meluncurkan program IDCamp Mobile Application Research yang akan memberikan beasiswa pelatihan coding online kepada mahasiswa ITS untuk mengembangkan aplikasi mobile yang mendukung use case 5G yang mereka kembangkan di 5G Experience Center.

Teknologi 5G menawarkan kemampuan untuk mewujudkan berbagai use case unik yang mencakup semua industri serta bermanfaat bagi pemerintah dan pelanggan bisnis. Beberapa use case paling canggih yang ditampilkan pada peluncuran ini termasuk Remote Classroom Education, 5G Security Operations, Collaborative Robot Demo, 5G Immersive Gaming, VR-enabled Fashion Experience dan 5G Robotic and Manufacturing.

Setelah peluncuran di Surabaya, Indosat Ooredoo akan memperluas peluncuran komersial layanan 5G ke kota-kota besar lainnya dengan permintaan yang tinggi terhadap layanan data.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER