Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hukum & Politik > ITS Buka Lima Prodi Baru; Tahun Akademik 2018

ITS Buka Lima Prodi Baru; Tahun Akademik 2018

Hukum & Politik | Rabu, 21 Maret 2018 | 09:20 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
ITS Buka Lima Prodi Baru; Tahun Akademik 2018

ITS Buka Lima Prodi Baru; Tahun Akademik 2018

S1 Teknologi Informasi, S1 Sains Aktuaria, S1 Desain Komunikasi Visual, S2 Teknik Sistem Perkapalan dan S3 Teknik Sistem Perkapalan

Surabaya, Kabarindo- Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membuka lima program studi (prodi) baru untuk tahun akademik 2018. Yaitu S1 Teknologi Informasi, S1 Sains Aktuaria, S1 Desain Komunikasi Visual, S2 Teknik Sistem Perkapalan dan S3 Teknik Sistem Perkapalan.

Prof Dr Ir Heru Setyawan MEng, Wakil Rektor I ITS bidang Akademik dan Kemahasiswaan, menjelaskan bahwa dari kelima prodi baru tersebut, untuk prodi S2 dan S3 Teknik Perkapalan sudah bisa menerima mahasiswa sejak semester genap 2017 lalu. Sedangkan seluruh prodi S1 baru akan menerima mahasiswa tahun ajaran 2018/2019 mendatang.

Guru besar Teknik Kimia ini menambahkan, keseluruhan prodi S1 akan menerima mahasiswa dari tiga jalur berbeda yaitu Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) serta Program Kemitraan & Mandiri (PKM).

Menurut alumnus Teknik Kimia ITS tersebut, dibukanya lima prodi baru ini telah melewati persiapan matang. S1 Teknologi Informasi dibuka untuk menjawab tantangan zaman terkait perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di industri maupun keilmuan yang pesat.

ITS kan sudah memiliki departemen Teknik Informatika yang mumpuni dengan peminat yang selalu membludak. Tinggal diintegrasikan saja apa yang kurang dan saat ini yang dibutuhkan adalah teknologi informasi,” ujar Heru.

Sedangkan untuk prodi S1 Sains Aktuaria, menurut Heru, adalah mandat dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Kebutuhan aktuaris di Indonesia diprediksi mencapai 2.000 orang pada 5 tahun mendatang.

Tentang prodi S1 Desain Komunikasi Visual (DKV), menurut Heru, bukan hal baru di ITS. Namun dulu masih menjadi menjadi satu dengan departemen Desain Produk Industri. Saat ini sudah saatnya untuk berdiri sendiri.

Dibukanya prodi S2 dan S3 Teknik Sistem Perkapalan untuk menunjang cita-cita ITS sebagai research university. Salah satu poin penting untuk menjadi research university adalah penelitian dan publikasi ilmiah. Hingga saat ini mahasiswa yang paling banyak menghasilkan kedua hal tersebut adalah mahasiswa strata 2 dan strata 3. Selain itu, pamor ITS sebagai kampus maritim terbaik di Indonesia membuat ITS yakin akan melahirkan peneliti dan cendekiawan hebat dari kedua program studi ini.

Terkait rencana ke depan, Heru mengatakan, ITS ingin segera membuka prodi-prodi di bidang ilmu sosial juga untuk menjembatani keilmuan sains dan teknologi. Diharapkan dalam waktu dekat dapat segera membuka prodi Studi Pembangunan sebagai adik dari Departemen Manajemen Bisnis yang sudah ada.

“Kami berharap ITS dapat terus mengakomodasi di bidang keilmuan dan mengikuti perkembangan zaman,” ujarnya.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER