Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hiburan > Jaringan Data XL Axiata; Jangkau 406 Kota/Kabupaten Di Indonesia

Jaringan Data XL Axiata; Jangkau 406 Kota/Kabupaten Di Indonesia

Hiburan | Kamis, 3 Mei 2018 | 11:01 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Jaringan Data XL Axiata; Jangkau 406 Kota/Kabupaten Di Indonesia

Jaringan Data XL Axiata; Jangkau 406 Kota/Kabupaten Di Indonesia

Terus perluas penetrasi layanan data

Surabaya, Kabarindo- Jaringan data PT XL Axiata Tbk. saat ini telah melayani masyarakat di 4.226 kecamatan di 406 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Penetrasi layanan data XL Axiata telah mencapai 93% populasi Indonesia.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya, mengatakan BTS 3G dan 4G LTE milik XL Axiata mencapai lebih dari 105 ribu unit BTS yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Infrastrukur jaringan fiber optic juga telah mencapai lebih dari 45 ribu kilometer.

“Perluasan dan peningkatan kualitas data harus kami lakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atas akses data yang terus meningkat serta banyaknya permintaan dari pelanggan di daerah-daerah baru, terutama di luar Jawa,” ujarnya.

Yessie menambahkan, peningkatan permintaan ini terlihat dari terus meningkatnya trafik data yang hingga akhir 2017 lalu mencapai 1.280 TB atau tumbuh sekitar 10x lipat dibandingkan pada 2014 lalu ketika layanan 4G baru saja diluncurkan oleh XL Axiata. Hingga akhir 2018 nanti, diperkirakan trafik akan terus tumbuh hingga mencapai lebih dari 3.000TB.

Pertumbuhan trafik data yang signifikan setiap tahun didorong oleh dominannya akses pelanggan pada layanan streaming, terutama video streaming, yang mencapai 48% dari trafik data. Karena itu sejak 3 tahun silam, XL Axiata berfokus membangun jaringan data agar akses ke layanan data, terutama video, bisa memuaskan pelanggan.

Setelah video streaming, layanan data yang paling besar trafiknya adalah web browsing sebesar 16% dan media sosial (medsos) sebesar 14%. Akses ke masing-masing jenis layanan data ini diyakini akan terus tumbuh seiring dengan manfaat ekonomi, sosial hingga hiburan yang didapatkan.

XL Axiata juga meningkatkan kualitas jaringan data dengan menerapkan sejumlah teknologi pendukung yang inovatif. Teknologi ini memungkinkan peningkatan kualitas layanan yaitu Network Function Virtualization Core, Spektrum Wideband 4G dan Teknologi 4.5G yang terdiri dari LAA Spectral Efficiency, Carrier Aggregation 256 QAM serta 4T4R 4x4 MIMO. Semua inovasi ini memungkinkan akses internet hingga 100 Mbps dan lebih stabil.

“Dengan kualitas dan cakupan jaringan data saat ini, kami siap menghadapi lonjakan trafik selama Ramadan dan liburan panjang Lebaran nanti. Untuk mengamankan momen tersebut, kami sudah meningkatkan kapasitas di jaringan core, transmisi maupun kapasitas radio di jalur mudik,” ujar Yessie.

XL Axiata memprediksi, trafik layanan data akan kembali mendominasi kenaikan trafik sepanjang Ramadan dan libur Lebaran. Pada periode Ramadan-Lebaran 2017 lalu, total trafik data mencapai 3.700 TB, sedangkan pada hari-hari biasa 2018 mencapai 6.055 TB. Trafik data Ramadan dan Lebaran 2018 nanti diprediksi akan meningkat 20%-30%.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER