Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > KBRI Bangkok: Gelar Fashion Show BatiK

KBRI Bangkok: Gelar Fashion Show BatiK

Berita Utama | Kamis, 3 Mei 2018 | 19:02 WIB
Editor : ARUL Muchsen

BAGIKAN :
KBRI Bangkok: Gelar Fashion Show BatiK

Bangkok,  Kabarindo- Sekitar 250 tamu undangan, yang sebagian besar adalah perempuan, dibuat kagum dengan parade baju batik oleh 20 peragawati dan peragawan dari Thailand dan Indonesia, di Wisma Duta KBRI Bangkok, tanggal 3 Mei 2018.

Di antara tamu tersebut adalah para istri Duta Besar, pengusaha perempuan, anggota International Woman Organization (IWC), Ketua dan komunitas Red Cross, wartawan, friends of Indonesia dan tamu lainnya.

Yang sangat membanggakan, Fashion Show tersebut dihadiri pula Madam Khunying Kinkau,  salah satu kerabat Kerajaan Thailand.

Peragaan Batik Indonesia ini diselengarakan oleh KBRI Bangkok, bekerja sama dengan DWP KBRI Bangkok dan Yayasan Batik Indonesia. Batik Fashion show ini menampilkan koleksi busana kasual, formal maupun pesta, karya designer Ririn (Astha Samara), Nita (Gallery Batik Jawa), Mariana (Parang Kencana), dan Gita (Bee). 

Acara juga merupakan bagian dari upaya KBRI di Bangkok untuk mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia, sekaligus memperkuat people to people contact antara Indonesia dan Thailand. 

Batik merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan bangsa Indonesia, dan menurut sejarah Batik telah digunakan bangsa Indonesia sejak abad ke-12. Selain itu Batik merupakan salah satu identitas kuat bangsa Indonesia, yang telah mempersatukan suku, budaya, dan agama bangsa Indonesia yang beragam.

Motif dan warna Batik, yang beragam dan sekaligus unik, merefleksikan simbol-simbol kehidupan dan harapan bagi yang memakai atau menggunakannya. Proses pembuatan dan pewarnaan Batik juga mencerminkan kualitas dari para pengrajinnya. Parade busana Batik, dengan motif tradisional seperti parang, truntum, dan kawung, juga membuktikan bahwa busana Batik cocok bagi komunitas internasional untuk berbagai acara.
Anita Rusdi, istri Duta Besar RI dalam sambutan Pembukaan Acara  mengatakan: “Kami, bangsa Indonesia sangat bangga atas budaya kami, termasuk Batik, dan oleh karena itu melalui Batik Fashion Show ini, KBRI ingin memperkenalkan Batik sebagai warisan budaya yang tidak ternilai harganya, yang telah pula diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Berujud, pada tanggal 2 Oktober 2009.” 
Sementara itu, Murniati Widodo, Ketua Yayasan Batik Indonesia dalam sambutannya menyampaikan bahwa Yayasan Batik Indonesia dibentuk untuk menghargai, melindungi dan sekaligus mempromosikan Batik sebagai aset budaya. Disampaikan pula bahwa Yayasan Batik Indonesia telah melakukan promosi Batik baik di dalam negeri maupun di luar negeri. 

Selain peragaan busana Batik, para tamu juga dapat menikmati penampilan Tari Saman oleh para siswa Sekolah Indonesia Bangkok (SIB), serta alunan lagu daerah Indonesia, Thailand, dan lagu-lagu internasional oleh musik Kolintang dan Angklung oleh Kelompok Yayasan Batik Indonesia. Pada akhir acara, para tamu disuguhi dengan aneka kuliner Indonesia yang tentunya sangat beragam. 
Hampir seluruh tamu sangat terkesan tidak hanya oleh Fashion Show yang anggun, penampilan musik dan tari yang menarik, tetapi juga oleh aneka macam masakan Indonesia yang lezat. “Acara ini benar-benar indah dan sekaligus unik, tidak hanya peragaan busana batiknya, tetapi juga penampilan tari dan musiknya, kata Mrs. Astrid Amaya, istri Duta Besar Colombia. Sementara itu, Mrs. Kathleen Pokrud, Presiden IWC, mengatakan, “saya benar-benar menikmati penampilan yang istimewa pada acara fashion show ini, sehingga telah lebih membuka mata saya betapa indahnya budaya Indonesia, termasuk Batik.” “Kami mengagumi cara orang Indonesia memelihara dan mempromosikan kekayaan budayanya”, timpal Madam Khunying.

Diharapkan, melalui acara ini komunitas internasional di Bangkok dapat lebih mengenal  lebih baik mengenai produk kerajinan dan kain Batik, musik, tari, dan kuliner Indonesia, yang pada gilirannya akan lebih mendorong untuk berkunjung ke Indonesia dan menyaksikan sendiri keindahan budaya dan sekaligus alamnya.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER