Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hiburan > LINE Financial; Akuisisi Saham PT Bank KEB Hana Indonesia

LINE Financial; Akuisisi Saham PT Bank KEB Hana Indonesia

Hiburan | Selasa, 6 November 2018 | 16:03 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
LINE Financial; Akuisisi Saham PT Bank KEB Hana Indonesia

LINE Financial; Akuisisi Saham PT Bank KEB Hana Indonesia

Untuk luncurkan bisnis fintech di Indonesia

Surabaya, Kabarindo- LINE Corporation telah mengumumkan bahwa anak perusahaannya, LINE Financial Asia, akan mengakuisisi 20% saham di PT Bank KEB Hana Indonesia (PT Bank KEB Hana).

Ini merupakan langkah yang dirancang untuk memperluas layanan perbankan digital LINE di Indonesia. Penandatanganan telah dilakukan di Seoul. Eksekutif dari kedua perusahaan menyatakan komitmen mereka untuk bekerja sama menjadi pemimpin di pasar digital finance di Indonesia dan wilayah Asia lainnya.

Melalui perjanjian ini, LINE Financial Asia akan menjadi pemegang saham terbesar kedua di PT Bank KEB Hana, menambahkan perbankan digital sebagai bagian dari ragam layanan dan konten LINE yang dinikmati oleh penggunanya di Indonesia.

LINE merupakan salah satu platform pertukaran pesan populer di Indonesia, sedangkan PT Bank KEB Hana adalah perbankan multinasional yang dianggap sukses dalam menjangkau nasabah lokal di Indonesia.

Dengan populasi sekitar 260 juta jiwa dan terdiri dari 18 ribuan pulau, masih terdapat daerah-daerah di Indonesia yang tidak terjangkau oleh jasa perbankan. Di lain sisi, jumlah pengguna smartphone di Indonesia melebihi 100 juta orang dengan penggunaan jejaring media sosial atau Social Network Service (SNS) yang sangat tinggi, sehingga memiliki potensi perkembangan perbankan digital yang tinggi.

Bagi PT Bank KEB Hana, perjanjian ini diharapkan dapat menghasilkan ragam efek yang positif, seperti mendapatkan nasabah potensial dari basis pengguna LINE yang tinggi, penyesuaian portofolio dan meningkatkan dana simpanan dengan bunga rendah melalui penguatan retail banking serta memperkuat kemampuan digital marketing melalui kekuatan merek, teknologi, konten dan keterampilan LINE.

Bagi LINE Financial Asia, perjanjian tersebut memperkuat posisi perusahaan di Indonesia dan di tingkat global seiring dengan pertumbuhannya sebagai penyedia layanan fintech dan perbankan digital. Kedua perusahaan tersebut juga berencana untuk menerapkan dan meningkatkan model penilaian kredit untuk Indonesia seperti deposito/kredit mikro serta layanan pengiriman dan pembayaran, melalui proyek-proyek dengan lembaga pemeringkat kredit lokal dan internasional, menciptakan proses verifikasi identitas (e-KYC) yang dioptimalkan untuk peraturan lokal dan langkah lainnya.

“Melalui kerja sama dengan PT Bank KEB Hana Indonesia, kami akan meluncurkan layanan perbankan yang mudah digunakan serta inovatif di Indonesia. Perjanjian ini merupakan langkah yang penting untuk menjadi pemimpin di industri mobile banking dan memperluas layanan fintech kami,” ujar CEO LINE Financial Asia, In Joon Hwang.

“Kami percaya bahwa teknologi digital canggih LINE dan pengalaman perbankan ritel milik KEB Hana Bank akan menjadi masa depan industri perbankan, dan menunjukkan model financial baru yang dimulai di Indonesia,” imbuh Direktur Utama PT Bank KEB Hana, Lee Hwa-Soo.

LINE Financial Asia akan secara resmi melakukan finalisasi perjanjian dengan PT Bank KEB Hana setelah menerima persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan dan segera mempersiapkan peluncuran layanan perbankan digital yang diperkirakan tersedia pada 2019.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER