Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hiburan > Mastercard Bantu Usaha Kecil Di Asia & Afrika; Go Digital

Mastercard Bantu Usaha Kecil Di Asia & Afrika; Go Digital

Hiburan | Kamis, 29 Maret 2018 | 15:05 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Mastercard Bantu Usaha Kecil Di Asia & Afrika; Go Digital

Mastercard Bantu Usaha Kecil Di Asia & Afrika; Go Digital

Manfaatkan Facebook Messenger

Surabaya, Kabarindo- Mastercard mengumumkan akan menggunakan Facebook Messenger guna menyediakan platform teknologi bagi usaha skala kecil di Asia dan Afrika untuk memungkinkan mereka menerima pembayaran elektronik dan mobile yang lebih terjangkau.

Akses terhadap pembayaran digital dapat membantu para pemilik usaha tersebut untuk memperluas jangkauan bisnis mereka ke pasar-pasar yang baru, serta membuka akses terhadap layanan dan produk keuangan yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan taraf hidup mereka.

Layanan Messenger siap diluncurkan di Nigeria, di mana Mastercard akan merintis bot Masterpass QR baru guna membantu para pemilik usaha untuk bergerak melampaui transaksi tunai dan menerima pembayaran dengan sistem QR. Pelaksanaan program ini akan didukung oleh Ecobank dan Zenith Bank. Program perdana di Nigeria ini merupakan awal dari rencana yang lebih besar dari kedua perusahaan dalam mendorong lebih banyak pelaku usaha untuk terhubung dengan ekonomi digital.

Menurut sebuah riset yang diadakan oleh The Fletcher School dan Mastercard Center for Inclusive Growth, 98% dari total 3,01 miliar dolar AS (sekitar Rp.4,1 triliun) dana yang mengalir dari konsumen ke para pelaku usaha di Nigeria masih berbasis pada uang tunai.

“Setiap pemilik usaha senantiasa mencari cara untuk meningkatkan penjualan dan menarik pelanggan baru ke toko mereka. Dengan menawarkan pembayaran digital berbasis sistem QR, para pengecer kecil dapat mencapai tujuan tersebut dan meningkatkan loyalitas konsumen dengan memanfaatkan ponsel yang sudah mereka miliki,” kata Jorn Lambert, Executive Vice President, Digital Channels and Regions Mastercard.

“Masterpass QR membuka saluran perdagangan baru bagi merchant-merchant ini dan memungkinkan mereka untuk membuat laporan transaksi yang dapat diaudit. Kemajuan ini juga membuka pintu bagi alat dan produk keuangan lainnya, seperti pinjaman, untuk mendorong pertumbuhan bisnis yang lebih tinggi,” imbuhnya.

Untuk memulainya, para pelaku usaha dapat mengirimkan permintaan kepada bot untuk mengaktifkan pembayaran dengan sistem QR, menerima persetujuan dari pihak bank, membuat akun rekening dan mulai menerima pembayaran digital secara cepat, mudah dan aman. Setelah proses pembuatan akun selesai, pemilik usaha dapat mencetak dan menampilkan kode QR di toko atau menyimpan kode tersebut di ponsel mereka. Pelanggan kemudian dapat membayar dengan memindai kode tersebut melalui ponsel atau memasukkan ID merchant yang terhubung dengan kode QR ke dalam fitur ponsel mereka.

“Brand dan para pengembang di seluruh dunia kini mulai menggunakan aplikasi pengiriman pesan agar dapat terhubung dengan 1,3 miliar orang yang menggunakan Messenger setiap bulan. Mastercard telah mengembangkan layanan melalui platform Messenger yang dapat membantu para merchant berskala kecil menggunakan aplikasi pengiriman pesan dalam mengelola usaha mereka serta terhubung dengan para pelanggan,” ujar Kahina Van Dyke, Director of Payments and Financial Services Partnerships Facebook.

Diluncurkan pada 2016, Masterpass QR memungkinkan setiap orang dengan berbagai tipe ponsel dapat menerima dan melakukan transaksi yang aman tanpa menggunakan uang tunai maupun kartu plastik. Masterpass QR menghadirkan pilihan pembayaran yang lebih baik dan melengkapi investasi Mastercard di bidang pembayaran contactless guna menyediakan cara yang lebih cepat, aman dan terjangkau untuk menerima pembayaran bagi seluruh merchant mulai dari yang memiliki jaringan internasional, pelaku usaha perorangan hingga para pedagang kaki lima.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER