Menjaga Tanaman Hidroponik; dengan Kamera Pintar EZVIZ C3N

Menjaga Tanaman Hidroponik; dengan Kamera Pintar EZVIZ C3N

Menjaga Tanaman Hidroponik; dengan Kamera Pintar EZVIZ C3N

Dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan untuk perlindungan yang lebih proaktif setiap saat

Surabaya, Kabarindo- Tren bertanam secara hidroponik kian populer di tengah kondisi pandemi seperti ini. Kemudahan dalam bertanam hingga kebutuhan modal yang relatif sedikit untuk merawat tanaman metode hidroponik mulai menjadi pilihan utama para praktisi bercocok tanam.

Jika dilihat dari pengertiannya, hidroponik adalah salah satu metode dalam budidaya menanam dengan memanfaatkan air. Dalam metode ini, tidak diperlukan media tanah dan dalam prakteknya lebih ditekankan kepada pemenuhan kebutuhan hara nutrisi bagi tanaman.

Meningkatnya tren hidroponik perlu dibarengi dengan pengetahuan tentang perawatan tanaman. Selain harus memperhatikan kondisi air dan wadah, juga harus memantau keamanan tanaman dari tangan-tangan usil. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengawasi tanaman hidroponik adalah dengan bantuan kamera pintar. Perangkat canggih ini memiliki banyak keuntungan dari sisi kemudahan instalasi hingga fitur yang canggih.

EZVIZ, brand smart home security, menawarkan C3N yang merupakan kamera pengawas outdoor dengan beragam fitur yang bermanfaat untuk mengawasi tanaman hidroponik. Kamera ini dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk perlindungan yang lebih proaktif setiap saat.

Mode tersebut memungkinkan pengguna untuk menentukan area pengawasan secara manual, yang mampu mendeteksi gerakan tamu tak diundang. C3N akan memperingatkan pengguna melalui notifikasi di aplikasi EZVIZ. Kecerdasan buatan di dalam C3N memberikan kapabilitas kepada perangkat untuk secara spesifik mendeteksi pergerakan manusia, sehingga meningkatkan efektivitas peringatan pada pengguna.

C3N sangat bermanfaat untuk menjaga kebun hidroponik. Selain menjaga dari perilaku tak bertanggung jawab, kita dapat memantau perkembangan tanaman hidroponik, tumbuh kembangnya maupun memantau serangan hama seperti burung dan serangga, juga orang yang ingin merusak atau mencuri tanaman. Setiap gerakan mencurigakan akan langsung dikirim ke smartphone,” ujar Bayu Widhi Nugroho, Founder Hidroponikpedia.

Untuk kondisi malam hari yang cukup gelap, C3N mampu menangkap tayangan jernih dengan resolusi hingga Full High Definition 1080p berkat dua lampu inframerah dan dua lampu sorot terintegrasi ke dalam perangkat. Kombinasi lampu sorot dan inframerah memberikan kapabilitas C3N untuk 3 mode penglihatan malam.Mode pertama black and white yang memanfaatkan lampu inframerah, mode kedua color night vision yang memberikan penglihatan malam berwarna dengan memanfaatkan lampu sorot. Sedangkan mode ketiga smart night vision yang secara otomatis beralih dari tayangan hitam putih ke tayangan berwarna dengan menyalakan lampu sorot ketika mendeteksi gerakan manusia di area sekitar. Fungsi otomatis ini memberikan perlindungan lebih proaktif kepada pengguna untuk mengusir kedatangan tamu tak diundang yang berniat mencuri tanaman hidroponik atau mengamati perkembangan tanaman hidroponik tersebut.

C3N mampu merekam hingga 1080p, sehingga pengguna mendapatkan hasil rekaman yang jernih. Perangkat ini juga secara cerdas dapat menyesuaikan kondisi malam hari yang gelap,” ujar Oktavia Mega Wati, Marketing Manager EZVIZ Indonesia.

Penulis: Natalia Trijaji