Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > Merespon Gempa di Sulteng; XL Axiata Pastikan Jaringan Aman

Merespon Gempa di Sulteng; XL Axiata Pastikan Jaringan Aman

Iptek | Minggu, 30 September 2018 | 16:22 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Merespon Gempa di Sulteng; XL Axiata Pastikan Jaringan Aman

Merespon Gempa di Sulteng; XL Axiata Pastikan Jaringan Aman

Pengguna nomor XL Axiata tetap bisa berkomunikasi ke luar wilayah

Surabaya, Kabarindo- PT XL Axiata Tbk. memastikan masyarakat yang menggunakan nomor XL Axiata tetap bisa berkomunikasi ke luar wilayah, terutama layanan voice dan SMS.

Pernyataan ini disampaikan Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya, terkait layanan XL Axiata paska gempa 7,4 Skala Richter disusul tsunami yang melanda kawasan Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9).

Bencana tersebut mengakibatkan rusaknya berbagai bangunan serta melumpuhkan banyak fasilitas publik termasuk layanan telekomunikasi dan data. Tim teknis XL Axiata langsung meluncur ke lokasi-lokasi infrastruktur jaringan untuk memastikan jaringan tetap bisa dipertahankan operasionalnya.

“Atas nama keluarga besar XL Axiata, kami sampaikan duka cita yang mendalam atas bencana ini. Kami akan berusaha keras menjaga agar layanan XL Axiata tetap bisa beroperasi. Syukurlah, hingga saat ini layanan XL Axiata tetap beroperasi, termasuk di Kota Palu dan Donggala yang paling kuat mengalami guncangan,” ujar Yessie.

Ia menambahkan, masyarakat yang menggunakan nomor XL dan AXIS tetap bisa berkomunikasi atau dihubungi selama ponsel aktif. Pihaknya akan segera menyediakan fasilitas telepon gratis agar masyarakat bisa melakukan komunikasi ke luar wilayah bencana. Juga akan membantu pemerintah dan aparat atau siapa saja yang membutuhkan layanan komunikasi, terutama untuk penanganan bencana.

Yessie mengatakan, gempa telah membuat aliran listrik padam, sehingga pasokan daya untuk perangkat BTS harus mengandalkan genset. Padahal genset membutuhkan pasokan BBM yang cukup selama aliran listrik belum pulih. Kerusakan akibat gempa juga menyebabkan akses ke pasokan BBM terhambat. Namun ia berkomitmen Tim XL Axiata di lapangan akan bekerja ekstra demi menjaga akses telekomunikasi, karena layanan ini urgent bagi penanganan bencana.

Di Palu, XL Axiata memiliki 136 BTS, termasuk 44 BTS 4G. Di Donggala ada 12 BTS, termasuk 9 BTS 4G. Di seluruh Sulawesi Tengah terdapat 358 BTS, termasuk 79 BTS 4G. Sementara jumlah pelanggan di Sulawesi Tengah lebih dari 340 ribu. Tim XL Axiata telah menyiapkan antisipasi pengamanan jaringan, antara lain dengan menyiapkan genset untuk setiap BTS utama, opsi rekayasa jaringan dengan redirect coverage dan kemungkinan mengerahkan mobile BTS ke lokasi yang paling membutuhkan.

Selain penanganan jaringan, XL Axiata juga telah menyiapkan bantuan darurat untuk warga yang mengungsi. Saat ini, tim di lapangan terus berkoordinasi dengan aparat dan masyarakat untuk mengetahui kebutuhan dan lokasi pengirimannya.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER