Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > No Limit No Fear; Pamerkan Karya Para Seniman Forum Aliansi

No Limit No Fear; Pamerkan Karya Para Seniman Forum Aliansi

Berita Utama | Senin, 16 Juli 2018 | 17:08 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
No Limit No Fear; Pamerkan Karya Para Seniman Forum Aliansi

No Limit No Fear; Pamerkan Karya Para Seniman Forum Aliansi

Bebas berekspresi dalam menciptakan karya seni menggunakan beragam media di House of Sampoerna

Surabaya, Kabarindo- Dengan semangat bebas berekspresi dalam menciptakan karya seni, para seniman muda yang tergabung dalam Forum Aliansi berupaya untuk terus mengasah kreativitas, menghasilkan karya-karya menarik dengan menggunakan beragam media.

Keberanian untuk keluar dari batasan-batasan dalam berkarya tampak pada gelaran karya bertajuk “No Limit No Fear” yang berlangsung di Galeri Paviliun House of Sampoerna pada 13 Juli – 11 Agustus 2018.

Pameran tersebut menampilkan 31 karya berbentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi secara apik dengan keunikan cerita di baliknya. Para seniman muda yang turut dalam pameran ini menerjemahkan pemahaman akan keberanian melalui beragam cara seperti menggambarkannya langsung ke dalam karya atau dengan cara keluar dari pakem yang selama ini mereka anut yaitu menggunakan media selain kanvas dan bereksperimen dengan warna serta teknik yang tidak biasa.

Seperti karya Zulfikar Risky yang berjudul “Arena Tinju Pemuja Batu” yang merespon tema pameran ini dengan mengibaratkan seorang seniman sebagai seorang petinju berkepala macan, seorang petarung yang harus rutin berlatih dan siap bertempur di medan perang dalam kondisi apapun. Lain halnya dengan karya Raka Valdiansyah yang berjudul “Penyet-Penyetan”. Baginya berkarya itu bukan hanya soal melukis, namun juga bisa bermain-main dengan media lain. Karya Raka terbilang unik, karena menggunakan media seng, stiker yang dikombinasikan dengan drawing, sehingga menghasilkan karya yang tidak terpikirkan oleh orang lain. Keunikan karya serta cerita dari masing-masing anggota Forum Aliansi inilah yang diharapkan bisa menginspirasi dan menumbuhkan jiwa seni pada masyarakat untuk turut berkarya.

Forum Aliansi terbentuk pada 2017 atas dorongan House of Sampoerna (HoS). Awalnya merupakan sekumpulan anggota alumni SMSR yang secara aktif berkegiatan seni. Ke depannya Forum Aliansi diharapkan menjadi wadah yang membuka kesempatan seluas-luasnya bagi semua seniman Surabaya yang ingin bergabung dan berkarya bersama.

“Dengan terselenggaranya pameran ini, kami ingin silaturahmi antar anggota alumni tetap terjalin, sehingga tujuan utama kami untuk terus menanamkan nilai-nilai seni pada jiwa masyarakat dapat terwujud,” ujar Miftahul Khoir, Ketua Forum Aliansi.

Pameran “No Limit No Fear” juga menjadi pameran pertama yang digelar di Galeri Paviliun, ruang galeri baru yang menempati bangunan paviliun Rumah Barat, serta memiliki misi pendidikan dalam memperkenalkan seni, budaya dan sejarah dalam berbagai program pameran yang digelar setiap bulannya. Program ini melibatkan seniman dari berbagai latar belakang, kolektor, komunitas, institusi pendidikan dan budaya dari dalam maupun luar negeri, yang memiliki kepedulian yang sama dalam perkembangan dan pelestarian seni dan budaya.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER