Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Olahraga; Mampu Menambah Daya Ingat & Tingkatkan Kebahagiaan

Olahraga; Mampu Menambah Daya Ingat & Tingkatkan Kebahagiaan

Gaya hidup | Minggu, 19 September 2021 | 19:22 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Olahraga; Mampu Menambah Daya Ingat & Tingkatkan Kebahagiaan

Olahraga; Mampu Menambah Daya Ingat & Tingkatkan Kebahagiaan

Lancarkan peredaran darah serta membantu distribusi oksigen dan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih baik

Surabaya, Kabarindo- Olahraga tetap harus dilakukan meskipun kita lebih banyak di rumah selama masa pandemi Covid-19.

Menurut Marcellina Leonora, Founder Fitnest.id danWomen Fitness Specialist, olahraga dapat membentuk tubuh dan imun yang kuat dalam menghadapi kondisi yang tidak menentu seperti sekarang. Ia menjelaskan manfaat berolahraga dan waktu yang baik untuk berolahraga.

Olahraga membantu kita untuk terhindar dari gaya hidup kurang gerak (sedentary lifestyle). Pandemi membuat kita rentan mengalami obesitas dan terserang penyakit, karena jarang keluar rumah dan aktivitas menjadi terbatas. Jika kita bisa meningkatkan aktivitas selama di rumah, ini akan sangat membantu.

Olahraga juga bermanfaat bagi otak, karena ada beberapa hormon yang berperan untuk kesehatan otak selama kita berolahraga. Salah satunya dopamin yang membantu kita untuk meningkatkan motivasi dan fokus. Ada pula endorfin yang membantu kita untuk menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan rasa bahagia. Hormon ini membuat orang tidak merasa lelah, justru lebih segar selepas berolahraga. Selain itu, ada hormon serotonin yang membuat kita lebih semangat dan suasana hati menjadi lebih baik setelah berolahraga. Hormon ini dapat membantu mereka yang bekerja dari rumah menjadi lebih positif, bersemangat dan produktif.

“Ada manfaat lain dari olahraga yang jarang terlihat, yaitu melancarkan peredaran darah serta membantu distribusi oksigen dan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih baik. Olahraga juga memiliki pengaruh yang signifikan bagi hippocampus, karena dapat meningkatkan daya ingat yang lebih baik,” ujar Leony, sapaan Leonora.

Berapa kali dalam seminggu kita harus berolahraga? Waktu ideal dan durasi olahraga dapat ditentukan berdasarkan tujuan yang akan dicapai. Menurut WHO, untuk olahraga dengan intensitas menengah bisa dilakukan selama 75-150 menit per minggu. Sedangkan olahraga berintensitas rendah bisa dilakukan selama 150-300 menit per minggu. Bila ingin menjaga kesehatan tubuh, Leony menganjurkan untuk berolahraga selama 30 menit setiap hari sebanyak tiga kali seminggu, yang disesuaikan dengan kesibukan kita setiap hari. Namun bila kita memiliki tujuan yang lebih spesifik, misalnya ingin memperdalam olahraga tertentu, mengurangi berat badan dan membentuk otot-otot di tubuh, maka diperlukan waktu lebih lama serta intensitas latihan yang lebih tinggi.

Menurut Leony, tidak terlalu ada perbedaan yang signifikan antara berolahraga pada pagi, siang, sore dan malam hari. Berolahraga bisa menyesuaikan dengan waktu kosong yang kita miliki. Namun jika berolahraga pada sore dan malam hari, ia menyarankan untuk melakukan olahraga yang lebih santai dan tidak terlalu intens, karena dapat meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh, sehingga kita akan sulit tidur.

“Bila anda pemula dan jarang berolahraga, usahakan untuk tidak melakukan gerakan-gerakan yang terlalu dinamis. Jangan melakukan olahraga yang membuat kita kehabisan napas atau kehilangan fokus. Variasi gerakan yang dilakukan bisa mengikuti 7 foundational movement patterns, yaitu gerakan push, pull, squat, lunge, hinge, rotation dan gait,” paparnya.

Leony menambahkan, selain berolahraga, kita juga perlu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Setiap orang memiliki kebutuhan minum yang berbeda, bergantung pada berat badan. Perhitungannya adalah 30 ml x berat badan dan hasilnya adalah kebutuhan minum kita setiap hari. Tidur yang cukup dan teratur juga sangat diperlukan, terutama dalam kondisi seperti sekarang. Tidur berkualitas selama 6-7 jam tanpa terganggu. Lengkapi dengan mengonsumsi makanan yang padat nutrisi, terutama makronutrisi yang mengandung protein, karbohidrat dan lemak.

Untuk mendukung mereka yang berolahraga di rumah dan memulai hidup sehat, Lemonilo memiliki komunitas bernama Lemonilo Fit Club. wadah bagi anggota komunitas untuk berolahraga bersama dan berbagi informasi seputar gaya hidup sehat. Kegiatan olahraga bersama yang diselenggarakan adalah virtual run dan power zumba gratis bersama instruktur profesional.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER