Qlue Dukung Pertamina Retail; Terapkan Protokol Kesehatan Berbasis AI dan IoT di Pertashop

Qlue Dukung Pertamina Retail; Terapkan Protokol Kesehatan Berbasis AI dan IoT di Pertashop

Qlue Dukung Pertamina Retail; Terapkan Protokol Kesehatan Berbasis AI dan IoT di Pertashop

Sebanyak 22 unit QlueThermal terpasang di sepanjang jalur perjalanan di Jawa
Surabaya, Kabarindo- Qlue, perusahaan penyedia ekosistem smart city terlengkap di Indonesia, berkolaborasi dengan Pertamina Patra Niaga untuk menyediakan QlueThermal, alat pendeteksi suhu tubuh dan penggunaan masker otomatis.

Alat ini tersedia di sejumlah Pertashop milik Pertamina Retail sepanjang Jawa dalam menekan persebaran Covid-19 dari orang-orang yang melakukan perjalanan terutama saat libur Natal dan Tahun Baru 2021. Penggunaan QlueThermal merupakan salah satu langkah Pertamina Retail dalam memberikan fasilitas pengisian BBM.

Founder dan CEO Qlue, Rama Raditya, mengatakan pada periode libur panjang Oktober dan November lalu, kasus positif Covid-19 di Indonesia melonjak tinggi. Qlue berkolaborasi dengan Pertamina Patra Niaga menyediakan QlueThermal di berbagai gerai Pertashop di jalur-jalur utama di Jawa.

“Melalui kolaborasi ini, kami ingin membantu pemerintah dalam menurunkan kurva penyebaran Covid-19,” ujarnya.

QlueThermal mendeteksi suhu tubuh dan penggunaan masker pengunjung Pertashop. Jika ada pemudik yang memiliki suhu tubuh tinggi, tidak akan diizinkan untuk melanjutkan transaksi pengisian bahan bakar. Guna memastikan hal tersebut, sebanyak 22 perangkat QlueThermal dipasang di rute Jakarta - Cipali - Solo - Semarang - Pejagan - Probolinggo - Malang - Surabaya dan Jakarta - Cibalong - Pangandaran - Garut - Cianjur.

Sejak diimplementasi pada 19 Desember 2020 lalu, QlueThermal telah melakukan screening secara otomatis terhadap lebih dari 16.000 pelanggan Pertashop. Sekitar 18% pelanggan yang mengisi bahan bakar di gerai Pertashop kedapatan tidak disiplin mengenakan masker selama perjalanan. Sementara rata-rata suhu tubuh pelanggan yang terdeteksi 36,4 derajat Celcius.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial and Trading, Putut Andriatno, mengatakan kolaborasi dengan Qlue merupakan komitmen pihaknya dalam menegakkan protokol kesehatan dan membantu pemerintah dalam menekan laju penyebaran Covid-19 terutama di Jawa.

“Kami mempercayai Qlue, karena merupakan karya anak bangsa yang memiliki rekam jejak yang baik di industri smart city dan sudah memberikan dampak sosial yang besar terhadap pembangunan kota-kota di Indonesia,” ujarnya.

QlueThermal juga membantu memetakan jumlah kendaraan yang mengisi BBM lewat Pertashop. Dari seluruh perangkat QlueThermal yang terpasang, didapat 3 gerai Pertashop dengan jumlah kendaraan terbanyak yaitu 7,7% mengisi BBM di Pertashop tol Cikampek KM 52B, 7,5% mengisi di tol Semarang-Solo KM 456A dan 6,4% terdeteksi dari Rest Area Tol Cipali KM 86B. Dari data yang terkumpul, gerai Pertashop yang berada di Rest Area Tol Pasuruan - Probolinggo KM 819A mencatat jumlah terbanyak untuk pelanggan dengan suhu tubuh di atas ambang wajar yaitu 70 orang.

Implementasi QlueThermal menjawab berbagai kesulitan sektor retail dalam menegakkan protokol kesehatan, karena penggunaan thermogun rawan dengan kontak langsung dan human error. Selain itu, pengumpulan data pada gerai fisik masih melewati proses perhitungan secara manual.

“QlueThermal membantu kami untuk meminimalisir kontak langsung antara petugas di lapangan dan pengunjung, serta membantu kami dalam mendapatkan data terkait penegakkan protokol kesehatan secara real-time dan akurat meski ditempatkan di berbagai lokasi yang berbeda,” tambah Putut.

QlueThermal dilengkapi dengan kamera thermal untuk memindai suhu tubuh. Teknologi kecerdasan buatan (AI) memungkinkan perangkat tersebut mengenali lebih dari 100 jenis masker secara otomatis dengan tingkat akurasi sebesar 98,5%. Data-data tersebut terekam lalu diintegrasikan ke sebuah dashboard yang memiliki kemampuan untuk menganalisis seluruh data seiring berjalannya waktu dan memberikan rekomendasi secara efektif dan akurat. Dengan demikian, pengguna QlueThermal di berbagai sektor dapat lebih mudah mengambil keputusan yang tepat berkat rangkuman dan visualisasi data yang disediakan oleh dashboard tersebut.

“Dengan semangat mengakselerasi perubahan positif di Indonesia, kami terus berkomitmen untuk membantu pemerintah dan swasta dalam mewujudkan operasi bisnis yang lebih efektif dan efisien melalui inovasi teknologi berbasis AI dan IoT. Kami berharap sektor retail lainnya juga turut mengimplementasikan QlueThermal,” ujar Rama.

Penulis: Natalia Trijaji