Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Sampoerna Academy “Lunar In Ox Wonderland”; Edukasi Melalui Selebrasi Tahun Baru Lunar

Sampoerna Academy “Lunar In Ox Wonderland”; Edukasi Melalui Selebrasi Tahun Baru Lunar

Gaya hidup | Rabu, 10 Februari 2021 | 17:06 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Sampoerna Academy “Lunar In Ox Wonderland”; Edukasi Melalui Selebrasi Tahun Baru Lunar

Sampoerna Academy “Lunar In Ox Wonderland”; Edukasi Melalui Selebrasi Tahun Baru Lunar

Momen istimewa untuk perkenalkan multi-budaya sekaligus mengajarkan nilai toleransi, solidaritas dan empati kepada para murid

Surabaya, Kabarindo- Setiap tahun, institusi pendidikan formal bertaraf internasional Sampoerna Academy menggelar perayaan tahun baru Lunar yang melibatkan seluruh murid, guru dan orang tua.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, untuk pertama kalinya perayaan tahun baru Lunar Sampoerna Academy digelar secara virtual melalui berbagai pilihan platform. Mengusung tema “Lunar In Ox Wonderland”, perayaan tahun ini menggunakan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) yang fokus pada pengembangan kompetensi 5C (Creative, Critical Thinking, Communication, Collaboration, Character) dan nilai-nilai IGNITE (Integrity, Growth Mindset, Nobility, Innovation, Teamwork, Excellence).

Frida Dwiyanti, Principal Sampoerna Academy Sentul, mengatakan acara tersebut juga merupakan sarana pembelajaran efektif. Sebagai sekolah interkultural, Sampoerna Academy menghormati keberagaman. Karena itu, perayaan tahun baru Lunar menjadi momen istimewa untuk memperkenalkan multi-budaya sekaligus mengajarkan nilai-nilai toleransi, solidaritas dan empati kepada para murid.

Acara tersebut digelar selama dua jam, yang bertujuan mendorong para murid untuk mengekspresikan pemahaman mengenai budaya dan tradisi tahun baru Lunar melalui berbagai sesi penampilan, mulai dari pertunjukan folklore “The Great Race” hingga talent show dari berbagai tingkat kelas dan seluruh kampus Sampoerna Academy. Para peserta juga dapat mengikuti berbagai workshop seru dan edukatif, mulai dari DIY Lantern Workshop, Calligraphy Writing serta Cooking Show bersama Celebrity Chef, Devina Hermawan.

Menurut Chef Devina, esensi tahun baru Lunar adalah kebersamaan dan suasana ini bisa tercipta melalui hidangan. Meski perayaan tahun ini di rumah saja, kita tetap bisa membuat momen ini istimewa dengan memasak menu-menu yang identik dengan tahun baru Lunar, seperti dimsum.

Di rumah, aktivitas memasak menu tahun baru Lunar sudah jadi tradisi keluarga. Sambil memasak, saya bisa sekaligus mengenalkan dan mengajarkan si kecil berbagai hal baru, mulai dari membaca angka timbangan, memilah-milah rasa, sampai menjelaskan tentang uap panas saat memasak air. Ini sesi belajar sambil main,” ujarnya.

Perayaan kali ini menjadi momentum istimewa bagi Sampoerna Academy, karena pertama kalinya digelar secara terpusat dan serentak. Ini menjadi pengalaman berkesan, karena meskipun belum bisa bertemu, rasa kebersamaan dapat tercipta melalui fitur chat, sehingga para peserta dapat saling menyapa dan berinteraksi secara langsung selama acara.

12 Februari 2021 menandai awal tahun lunar baru, Tahun Kerbau Logam. Kerbau mewakili ketekunan, tekad dan kekuatan, sedangkan logam adalah elemen keberanian, kebenaran dan ketabahan. Dengan semua perubahan dramatis dalam hidup kita saat ini, kita selalu dapat menggunakan tekad dan kesabaran kerbau untuk mengatasi tantangan tak terduga dengan moral sekuat elemen logam,” ujar Frida.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER