Santika Pandegiling Punya Menu Spesial dari Kurma; Cocok Dinikmati Saat Ramadhan & Idul Fitri

Santika Pandegiling Punya Menu Spesial dari Kurma; Cocok Dinikmati Saat Ramadhan & Idul Fitri

Santika Pandegiling Punya Menu Spesial dari Kurma; Cocok Dinikmati Saat Ramadhan & Idul Fitri

Nasi Rendang Ayam Kurma, Ayam Kurma Lengkuas, Ketupat Opor Kurma Tuna & Sayuran serta Jus Ramadhan

Surabaya, Kabarindo- Hotel Santika Pandegiling Surabaya menyajikan aneka makanan Nusantara untuk buffet selama Ramadhan dan Idul Fitri, beberapa di antaranya merupakan menu spesial.

Menurut Executive Chef Ervina Triana, setiap menyambut Ramadhan dan Idul Fitri, ia selalu menyajikan beberapa menu spesial untuk makanan maupun minuman. Kali ini ada 4 menu spesial hasil kreasinya yaitu Nasi Rendang Ayam Kurma, Ayam Kurma Lengkuas, Ketupat Opor Kurma & Sayuran serta Jus Ramadhan.

Ia mengatakan, ia menggunakan kurma sebagai salah satu bahan, karena Ramadhan dan Idul Fitri identik dengan kurma. Buah ini juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan.

“Kurma kan biasanya dimakan saat Ramadhan dan Idul Fitri. Nah, saya kreasikan sebagai salah satu bahan menu yang lezat, juga untuk minuman yang segar,” ujar Chef Ervin.

Ia menjelaskan, Nasi Rendang Ayam Kurma menggunakan ayam broiler atau ayam kampung. Terserah selera. Jika ayam kampung lebih kesat dan lebih gurih. Selama ini rendang identik dengan daging sapi. Namun ia menggantinya dengan ayam yang lebih terjangkau dan banyak penggemarnya.

“Rendang kan identik dengan daging. Saya ingin membuat menu yang berbeda. Saya ganti dengan ayam yang tak kalah enak. Tinggal bagaimana mengolahnya. Menu berbahan ayam juga disukai lebih banyak orang,’ ujar Chef Ervin.

Nasi Rendang tersebut menggunakan nasi pulut yaitu beras campur ketan, sehingga agak lengket. Nasi pulut jika disantap dengan rendang membuat cita rasanya lebih meresap, gurih dan lezat. Menu ini jadi komplit karena ditambah ati dan rempela plus sambal terasi.

Bahan lain untuk Nasi Rendang adalah gula merah, namun Chef Ervin menggantinya dengan kurma yang juga manis dan mampu mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

“Nasi Rendang Ayam Kurma ini tidak sepekat rendang Padang tapi tetap enak. Jadi pas dengan lidah orang Jawa Timur,” ujar Chef Ervin.

Untuk Idul Fitri, disajikan Ayam Kurma Lengkuas dan Ketupat Opor Kurma Tuna & Sayuran. Ayam Kurma Lengkuas bisa menggunakan ayam broiler atau ayam kampung. Menu ini disantap dengan nasi hangat dan serundeng yang gurih. Hmm...bakal menggoyang lidah.

Sedangkan Ketupat Opor Kurma Tuna menggunakan bahan tuna sebagai pengganti ayam yang selama ini identik dengan opor. Menurut Chef Ervin, tuna mudah didapat, harganya terjangkau dan bergizi tinggi. Tuna mengandung omega3 yang baik untuk kesehatan. Menu ini juga tak kalah lezat. Kurma digunakan untuk mengganti gula merah sebagai salah satu bahan.

“Opor tidak harus dari ayam. Tuna juga bisa, tapi harus fresh. Rasa gurihnya beda. Cocok dinikmati dengan ketupat. Bisa juga dengan nasi. Makin komplit ditambah dengan sayuran dari brokoli, kembang kol dan wortel,” ujar Chef Erfin.

Menikmati makanan akan kurang lengkap jika tidak ditemani minuman yang sesuai. Jus Ramadhan adalah pilihan yang tepat, diracik dari kurma, nanas dan sirup melon. Bahannya terdiri dari separo buah nanas, kurma 5 biji, sirup melon 2 sendok dan air 200 ml. Cara membuatnya mudah. Kurma diblender dengan air lalu sisihkan. Kemudian nanas diblender dan campurkan dengan jus kurma tadi. Lalu tuangkan sirup melon ke dalamnya. Jus Ramadhan siap diteguk. Rasanya segar berpadu asam dan manis. Cocok dinikmati saat berbuka.

Chef Ervin optimis ketiga menu dan minuman tersebut akan disukai tamu Santika yang umumnya merupakan tamu domestik, termasuk dari Jatim, karena cita rasanya cocok dengan lidah mereka.

Penulis: Natalia Trijaji