Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hiburan > Seller Lazada Teladan; Berikan Tips Bangun Bisnis Online

Seller Lazada Teladan; Berikan Tips Bangun Bisnis Online

Hiburan | Selasa, 21 Agustus 2018 | 13:52 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Seller Lazada Teladan; Berikan Tips Bangun Bisnis Online

Seller Lazada Teladan; Berikan Tips Bangun Bisnis Online

Yuliana ikuti kemajuan pasar, puaskan konsumen dan seimbangkan bisnis dengan keluarga

Surabaya, Kabarindo- Lazada memperkenalkan sosok Yuliana, salah satu seller teladan sebagai bentuk apresiasi atas kiprahnya mengembangkan usaha. Diharapkan upayanya dapat menginspirasi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia yang mengembangkan bisnis secara online.

Yuliana, pemilik toko virtual Indo Ultimate di platform Lazada dari Surabaya, memulai usaha sejak pertengahan 2015. Indo Ultimate merupakan toko virtual multi-kategori dengan produk fashion, aksesoris kendaraan dan perlengkapan bayi. Semula ia hanya mendapat10 pesanan per hari, namun kini frekuensi pengiriman perhari mencapai 500-600 paket.

Yuliana memberikan tips kesuksesannya

1.Terus belajar dan menerapkan ilmu yang didapatkan dalam praktik sehari-hari

Peningkatan jumlah pesanan yang luar biasa dalam jangka waktu cepat dapat dicapai berkat ketekunan Yuliana untuk mempelajari dan mempraktekkan berbagai fitur dan pembelajaran dari para pakar penjualan online di Lazada.

“Tantangan terbesar adalah mengikuti kemajuan pasar yang berkembang pesat, seperti permintaan barang dan kualitas pelayanan. Dari segi teknologi, sebagai seller, saya harus cepat belajar dan menerapkan fasilitas yang disediakan Lazada, agar bisa mengimbangi tuntutan pasar dan memenangkan persaingan. Masukan dari tim Lazada soal perbaikan tampilan dan penjelasan produk, kepastikan stok dan kecepatan menanggapi pertanyaan konsumen harus dimanfaatkan dengan baik. Kepuasan konsumen akan membantu saya memiliki reputasi yang baik sebagai seller,” ujar Yuliana.

Ia menambahkan, meskipun posisinya di Surabaya, ia tak pernah ketinggalan untuk mendapatkan berbagai pelatihan, karena ada yang sifatnya online. Dukungan sesama seller di Lazada Club Surabaya juga turut membantu.

2. Menyeimbangkan bisnis dengan kebahagiaan keluarga

Dukungan penuh dari suami dan anak-anak memungkinkan Yuliana mengelola Indo Ultimate dengan baik. Ia selalu menyempatkan makan siang bersama dan menyambut mereka ketika bermain ke kantor. Bagi Yuliana, ibu memiliki kesempatan untuk turut mencari nafkah tambahan, juga mendidik anak-anak agar tumbuh menjadi manusia yang berbudi luhur.

3. Melakukan perencanaan dan evaluasi

Perencanaan yang baik memegang kunci sukses bisnis. Penting bagi seller untuk memilih produk yang tepat agar cepat terjual dan segera balik modal. Pemilihan produk unggulan yang berkualitas diikuti dengan pengetatan pengeluaran dan memperbarui sistem dari waktu ke waktu akan meningkatkan efisiensi.

4. Pelayanan konsumen yang memuaskan

Dengan banyaknya toko virtual di situs Lazada, penting bagi seller untuk terlihat menonjol di hadapan konsumen. Mulai dari memberikan perhatian ekstra terhadap beragam permintaan hingga mendapatkan masukan tentang jenis produk yang mereka butuhkan. Karena itu, perhatian extra melalui extra mile service sangat penting bagi kelangsungan usaha. Extra mile service adalah service lebih yang diberikan oleh seller kepada pelanggan yang bisa menjadi faktor pembeda dibandingkan dengan toko lainnya, yaitu keramah-tamahan, ketulusan melayani dan mengakrabkan diri dengan pelanggan.

“Walaupun sepele, semua itu bisa berkontribusi memberikan tambahan pemasukan bagi usaha hingga puluhan persen,” ujar Yuliana.

Achmad Alkatiri, Chief Marketing Officer Lazada Indonesia, mengatakan Yuliana merupakan salah satu contoh dari ribuan seller teladan yang mampu menyeimbangkan peran sebagai ibu dan pengusaha UMKM.

“Kami bangga atas pencapaian ibu Yuliana dan berharap kisahnya dapat menginspirasi lebih banyak seller untuk mengembangkan usaha secara online. Karena melalui berjualan secara online, potensi dagang tidak terbatas oleh ruang,” katanya.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER