Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Smartfren; Berhasil Tangani Lonjakan Trafik Data Selama Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H

Smartfren; Berhasil Tangani Lonjakan Trafik Data Selama Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H

Ekonomi & Bisnis | Rabu, 19 Mei 2021 | 11:22 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Smartfren; Berhasil Tangani Lonjakan Trafik Data Selama Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H

Smartfren; Berhasil Tangani Lonjakan Trafik Data Selama Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H

Lakukan optimasi jaringan, tingkatkan kapasitas dan terapkan teknologi jaringan yang dinamis

Surabaya, Kabarindo- Smartfren berhasil mengatasi lonjakan trafik data sepanjang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H dengan melakukan optimasi jaringan, peningkatan kapasitas dan penerapan teknologi jaringan yang dinamis.

Optimasi jaringan telah 100% diselesaikan sejak memasuki Ramadhan serta peningkatan kapasitas dilakukan sesuai dengan meningkatnya trafik data. Langkah-langkah ini guna memastikan pelanggan bisa menikmati jaringan yang 100% 4G untuk mendukung kegiatan online seperti streaming hingga silaturahmi menggunakan video call maupun media sosial.

Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren, menyebutkan peningkatan trafik data pada Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H secara year on year mencapai 36%. Wilayah yang memberikan kontribusi terbesar dalam peningkatan akses layanan data ini adalah Jabodetabek dan Jawa Tengah. Sedangkan kapasitas dan coverage nasional Smartfren secara year on year telah ditingkatkan hingga rata-rata 14% sehingga dapat mengatasi peningkatan yang terjadi.

“Kenaikan trafik data kali ini sedikit lebih tinggi dibandingkan prediksi, namun dapat ditangani dengan baik. Mayoritas kenaikan terjadi di wilayah pemukiman, mengingat saat ini tengah diterapkan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan banyak kegiatan yang dilakukan secara online dari lokasi masing-masing. Misalnya silaturahmi dengan kerabat menggunakan video call, akses media sosial hingga streaming video, ujarnya.

Sebagai antisipasi terhadap kenaikan trafik data tersebut, sebelumnya Smartfren juga menyiapkan Satgas Jaringan dan Network Operations Center (NOC) yang siaga selama 24 jam, sekaligus didukung call centre.

Jaringan telekomunikasi Smartfren telah dirancang menggunakan desain full redundant dan memiliki teknologi automatic switch over, sehingga perubahan kebutuhan kapasitas bisa disesuaikan dengan cepat. Teknologi ini juga berkontribusi mempercepat penanganan jaringan, sehingga gangguan bisa diselesaikan kurang dari satu jam. Berkat rangkaian antisipasi tersebut, Smartfren berhasil memperkecil jumlah keluhan pelanggan terkait jaringan hingga sebesar 60%. Pada Idul Fitri kali ini, Smartfren tidak mengerahkan mobile combat BTS, karena minimnya mobilitas masyarakat di tengah pemberlakuan aturan PPKM.

Selain antisipasi dari sisi jaringan, Smartfren juga memberikan produk yang mendukung berbagai aktivitas pelanggan melalui Extra Unlimited Malam Full Speed yang aktif setiap hari pukul 01.00 – 05.00 WIB. Manfaat Extra Unlimited Malam Full Speed ini bisa digunakan oleh seluruh pengguna paket Smartfren Unlimited dan Kuota Nonstop.

Melengkapi manfaat tersebut, pelanggan juga berkesempatan mendapatkan hadiah langsung dengan mengikuti program Rejeki WOW Treasure Hunt yang masih berlangsung hingga 31 Mei 2021. Caranya mudah, cukup install aplikasi MySmartfren maka pelanggan akan mendapatkan kapal yang bisa digunakan berburu harta karun di dalam aplikasi. Setiap kali bertransaksi seperti isi ulang pulsa, bayar tagihan pascabayar atau membeli paket apapun, kapal akan melaju ke Pulau Harta Karun. Anda langsung mendapatkan hadiah bonus pulsa dan kunci untuk membuka peti harta karun berisi ponsel, laptop, motor, tabungan ratusan juta rupiah hingga mobil.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER