Supercomputer di Singapura; Kini Gunakan Prosesor AMD EPYC 7003 Series

Supercomputer di Singapura; Kini Gunakan Prosesor AMD EPYC 7003 Series

 

Supercomputer di Singapura; Kini Gunakan Prosesor AMD EPYC 7003 Series

Tenagai sistem baru untuk National Supercomputing Centre Singapore

Surabaya, Kabarindo- AMD mengumumkan bahwa prosesor AMD EPYC 7003 Series akan digunakan untuk mentenagai supercomputer terbaru untuk National Supercomputing Centre (NSCC) Singapura, pusat sumber daya nasional high-performance computing (HPC) yang didedikasikan untuk mendukung kebutuhan komputasi sains dan teknik.

Sistem ini akan didasarkan pada HPE Cray EX supercomputer yang menggunakan perpaduan prosesor EPYC 7763 dan prosesor EPYC 75F3. Supercomputer ini direncanakan untuk beroperasi penuh pada 2022 dan diharapkan memiliki performa puncak 10 petaFLOPS, 8x lebih cepat dari kumpulan sumber daya HPC NSCC yang ada. Para peneliti akan menggunakan sistem tersebut untuk memajukan penelitian ilmiah di bidang biomedis, genomic, penyakit, iklim dan banyak lagi.

Ram Peddibhotla, Corporate Vice President, AMD EPYC Product Management, mengatakan prosesor EPYC adalah pilihan utama untuk penelitian HPC yang berdampak terhadap dunia. Inilah sebabnya prosesor EPYC dipilih untuk mendukung supercomputer paling bertenaga di Singapura.

“Kami sangat senang bekerja dengan HPE dan National Supercomputing Centre Singapore untuk membantu membuka penemuan ilmiah di bidang kedokteran, penyakit, iklim, teknik, dan lainnya, ujarnya.

Penulis: Natalia Trijaji