Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > XL Axiata Dorong Pemanfaatan Internet untuk Pendidikan Anak; di Kepulauan Seribu

XL Axiata Dorong Pemanfaatan Internet untuk Pendidikan Anak; di Kepulauan Seribu

Berita Utama | Minggu, 18 November 2018 | 16:12 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
XL Axiata Dorong Pemanfaatan Internet untuk Pendidikan Anak; di Kepulauan Seribu

XL Axiata Dorong Pemanfaatan Internet untuk Pendidikan Anak; di Kepulauan Seribu

Program Sisternet #Kelasliterasidigital

Surabaya, Kabarindo- PT XL Axiata Tbk. bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu menyelenggarakan edukasi pemanfaatan internet guna memperkuat kapasitas pendidikan anak.

Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih, mengatakan era digital telah mengubah banyak hal dalam kehidupan, termasuk kemampuan anak-anak dalam beradaptasi dengan teknologi informasi. Hal ini membuat mereka jadi lebih mudah mengakses informasi yang berlimpah dari siapa saja, kapan saja dan di mana saja. Padahal, layanan internet dapat membawa dampak positif maupun negatif.

Untuk itu dibutuhkan peran aktif orang tua di era digital ini guna membimbing anak-anak agar mampu memanfaatkan internet untuk tujuan positif, termasuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di berbagai bidang. Karena itu, kami hadir di sini melalui program Sisternet #Kelasliterasidigital,” ujarnya.

Materi yang disampaikan di Sisternet #Kelasliterasidigital antara lain mengenai karakteristik internet, termasuk dampak positif dan negatifnya. Juga materi mengenai bagaimana melakukan pendampingan anak dalam memanfaatkan akses internet sehingga mampu mendapatkan manfaat yang maksimal.

Diharapkan nanti orang tua dan pendidik bisa berkomunikasi dan menularkan kemampuan literasi digital pada anak-anak. Dengan demikian, anak-anak bisa memiliki kekebalan terhadap dampak negatif dari penggunaan internet dan bisa memilih sendiri konten mana yang baik dan tidak baik untuk mereka, meskipun tidak didampingi atau dipantau orang tua maupun guru.

XL Axiata berharap, setelah mendapatkan pengetahuan tersebut, para peserta bisa menyebarkannya ke lingkungan terdekat. Dengan demikian, semakin banyak masyarakat yang akan mendapatkan pengetahuan tersebut.

Junaedi, Wakil Bupati Administrasi Kepulauan Seribu, mengatakan dengan adanya program pelatihan tersebut, diharapkan kualitas pendidikan anak-anak di sini bisa ditingkatkan, juga bisa menanamkan kesadaran kepada masyarakat secara umum, terutama orang tua dan guru, untuk memastikan penggunaan internet dan berbagai sarana digital secara positif.

“Internet memiliki manfaat positif yang sangat besar dan bisa dipakai untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujarnya.

Junaedi menambahkan, sebelumnya, Kabupaten Kepulauan Seribu dan XL Axiata bekerja sama dalam pembangunan infrastruktur jaringan data di wilayah utara DKI Jakarta dan terdiri dari banyak pulau kecil tersebut. Masyarakat telah memanfaatkan keberadaan jaringan data untuk berbagai aktivitas produktif, terutama di berbagai sektor ekonomi dan sosial, termasuk pendidikan. Berdasarkan catatan Pemkab Kepulauan Seribu, saat ini sekitar 60% dari jumlah penduduk di wilayah itu telah menggunakan akses internet mulai dari anak-anak SD.

XL Axiata akan terus memberikan edukasi dengan menyediakan layanan digital melalui www.sisternet.co.id yang di dalamnya terdapat modul e-Learn terkait edukasi dalam mendidik anak di era digital. Materi ini juga akan dituangkan dalam bentuk artikel, kompetisi dan kuis di website maupun media sosial Sisternet.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER