XL Axiata Salurkan Donasi Kuota; Ke 5 Lembaga Pendidikan Islam Di Surabaya

XL Axiata Salurkan Donasi Kuota; Ke 5 Lembaga Pendidikan Islam Di Surabaya

XL Axiata Salurkan Donasi Kuota; Ke 5 Lembaga Pendidikan Islam Di Surabaya

Setiap penerima donasi akan mendapatkan kuota data 20 GB/bulan selama satu tahun

Surabaya, Kabarindo- PT XL Axiata Tbk kembali menyalurkan donasi kuota akses data beserta perangkatnya dalam rangka Program Ramadhan Berbagi Kuota. Program ini merupakan bagian dari Program Gerakan Donasi Kuota (GDK) yang khusus disalurkan ke lembaga-lembaga pendidikan Islam sepanjang Ramadhan.

Pada tahap kedua ini, donasi disalurkan ke 5 lembaga pendidikan Islam di Surabaya, yaitu Madrasah Aliyah (MA) Negeri Surabaya di Rungkut, MA Amanatul Ummah di Siwalan Kerto, MA Ittaqu di Menanggal, MA Sunan Kalijaga di Simomulyo dan MA Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum di Tambaksari. Kelima lembaga ini berlokasi di area yang sudah terjangkau oleh jaringan data XL Axiata.

Setiap penerima donasi akan mendapatkan kuota data sebanyak 20 GB/bulan selama satu tahun. Hingga kini program ini sudah berjalan di Aceh, Medan, Bengkulu, Binjai, Palembang, Pekanbaru, Surabaya, Lombok, Lampung, Jakarta, Bandung dan Makassar.

Caretaker Vice President XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim, menargetkan sepanjang Ramadhan ini bisa menyalurkan paket donasi kuota hingga ke 300 lembaga pendidikan Islam, baik ke Pondok Pesantren maupun Madrasah Aliyah. Tim XL Axiata juga terus mengidentifikasi para calon penerima di berbagai daerah.

“Kami berharap, donasi kuota akses ke layanan digital dan internet ini bermanfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah tersebut,” ujarnya.

Mekanisme penyaluran donasi kuota layanan data dilengkapi perangkat mobile broadband atau router XL Home sehingga bisa dibagikan secara simultan ke-32 perangkat smartphone atau laptop yang digunakan para siswa dan pengajar. Penerima paket donasi juga akan mendapatkan pelatihan mengenai pemanfaatan internet untuk tujuan produktif. Untuk itu, XL axiata mengajak karyawannya untuk membekali sekolah dengan materi Melek Internet.

Program GDK telah mengumpulkan lebih dari 195 TB kuota data mulai Agustus 2017 - Desember 2017. Untuk jumlah sekolah penerima, sampai akhir Juni 2018 secara nasional akan ada 778 sekolah penerima.

Pada Agustus 2017 lalu, XL Axiata meluncurkan GDK guna menggalang partisipasi pelanggan untuk sukarela mendonasikan kuota layanan data miliknya, yang selanjutnya disalurkan bagi peningkatan kualitas pendidikan sekolah-sekolah di berbagai pelosok Indonesia. Pelanggan secara sukarela mendonasikan kuota paket data Xtra Combo miliknya berapapun besarnya. Caranya dengan akses ke UMB *123*888# kemudian pilih kuota yang ingin didonasikan, yang akan mengurangi kuota utama Paket Xtra Combo pelanggan.

Selain donasi sukarela pelanggan, XL Axiata juga akan mendorong program ini dengan cara mengalokasikan kuota layanan data sebesar 25 MB untuk setiap pembelian dan isi ulang paket data Xtra Combo oleh pelanggan. Alokasi kuota ini tidak akan memotong kuota yang dibeli pelanggan. Akumulasi kuota data sumbangan pelanggan dan alokasi dari XL Axiata tersebut selanjutnya akan disalurkan dengan pembagian setiap sekolah penerima mendapatkan donasi kuota 20GB/bulan selama setahun.

Selain program pembagian kuota ke Madrasah Aliyah selama Ramadhan, XL Axiata juga membagikan takjil gratis ke masjid-masjid di Lombok. Masjid-masjid penerima donasi takjil tidak memiliki kriteria khusus, namun diutamakan yang menyediakan buka puasa bersama untuk warga sekitar dan banyak kegiatannya selama Ramadhan.

Penulis: Natalia Trijaji